PS3 GLOD, YLOD BISAKAH DISEMBUHKAN?

Ditulis oleh: -


PROLOOG :

Pernahkah Incu mengalami PS3 dengan kasus GLOD?, Tampilan pada TV Blank hitam, Kemudian Suara tidak ada, Stik tidak bisa dijalankan. Jika Incu sambungkan Pake Kabel HDMI dan Kabel AV, semua tampilan pada TV pasti Blank, Suara Tidak ada, Tapi ketika Incu sambungkan PS3 ke TV pake kabel Komponen, Gambar Tetap blank Tapi suara Muncul. jelas terdengar.

Seorang Incu Eyang mengirimkan SMS, Dengan Intinya, memohon supaya Eyang membuat Tutorial benerin PS3 Yang terkena GLOD [Green Led Offer Death]. Lihat cuplikan SMS nya.



Lama Eyang mikir-mikir, Dapet Pertanyaan seperti ini, Adakah Eyang punya mesinnya yang ngalamin Kasus seperti ini? Kalo ngga ada Gimana buat tutornya. Setelah ubek-ubek berdua dengan Adik Eyang, Di coba cari aja dari tumpukan mesin yang ada "diamburadulkan saja" Semua tumpukannya, Satu-persatu mesin Eyang Test, Dan pilah-pilah, Dan hehehehe, Ada satu dapat, Eyang dapet, dengan kasus GLOD, Okei kita mulai bedah saja....

SOLUSI :

1]. Setelah dipastikan PS3 Mengalami GLOD, Langkah Yang diambil adalah Bongkar mesinnya, Preteli semuanya, sampai hanya tinggal Mainboardnya saja, Bersihkan Thermal pasta yang tersisa, Tujuan kita adalah melakukan Proses, REBALLING RSX, Proses ini incu bisa lihat dan lakukan seperti pada postingan yang Eyang telah buat, Lihat dibawah ini.

A]. REBALLING EXSTREEM MANUAL POSISI IC RSX PS3. Lihat disini.
B]. MELAKUKAN REBALLING IC RSX PS3 SECARA MANUAL lihat disini
C]. MENGINTIP CARA REBALLING BGA DAN CSP Lihat disini.




2]. Setelah proses Pencabutan IC RSX selesai dilakukan, Reballing, Dan Resoldering serta memberi Thermal pasta Yang baik telah incu lakukan semuanya, Tibalah sekarang acaranya, melakukan Trik Tambahan, Jepitanya dibuat Lebih Erat menekan, Caranya : Dibawah Jepitan RSX, Incu Tambahkan Uang 100 perak 2 buah, Kemudian sekrup yang erat, Press dengan Kuat, Bila perlu, Gunakan Obeng Plus yang Agak panjang biar penekanan dan pemutarannya lebih bertenaga.





Jika ada cara lain yang lebih sederhana, lebih mudah untuk dilakukan seoarang newbie, Silahkan kita share, Kita bagi-bagiin untuk semua, biar kita bisa main lagi, Biar dunia terasa indah, terasa bahagia untuk semuannya. Bagi yang belum berani melangkah untuk berbuat dan melakukan, Pikirkan dulu aja dengan segala resikonya, kalo memang takut sama resikonya, Ya hargailah sedikit, Jasa dan upaya tukang service PS seperti Eyang.

Tapi Eyang pastiin aja, Apapun bentuk service dari luar pulau Bali, Terpaksa Eyang akan Tolak, Kenapa?, Karena Eyang 2 hari yang lalu dapet pengalaman Buruk, Buruk disini menyangkut proses pengiriman dan proses pengerjaan. Eyang terima barang 5 PS3 YLOD, 2 diantaranya bisa sembuh, Bisa direball Ulang dan berhasil, Kipasnyapun telah Eyang Modif menjadi 12V, Tapi yang ke 3 mesin PS3 tersebut ngga bisa ketolong, Ketiga-tiganya, Mati IC RSXnya, Jalur beberapa putus, Board melengkung, Gosong dan Jalur putus, lantas? terpaksa Eyang cari kanibalannya, Board ngga masalah lagi tapi IC RSX mati. Benar Eyang punya BGA Rework Station merk JOVY, Bener banget, Tapi kalo sudah IC nya mati, Peralatan ini tidak bisa dan tidak mampu untuk menghidupkan IC kan? Mohon diPahami, Sebatas Proses, Reballing, Desoldering, Resoldering, Memang jauh mumpuni dabandingkan Incu memakai Blower atau heatgun. Tapi sekali lagi IC Yang sudah mati, Tidak bisa dihidupkan oleh mesin BGA Rework Station semahal apapun...Dan ternyata bukan itu saja masalah yang Eyang hadapi, Dari 5 barang yang dikirim 3 kasingnya Pecah, Padahal sudah dipaking kayu, Lantas ini ada masalahnya dimana barang-barang ini sampai Pecah kasingnya, Pihak Jasa Pengirim menyatakan bukan karena kelalaian mereka, Sementara Eyang tanya sama sipemilik, Barangnya tidak dalam keadaan pecah ia kirim, Lantas sekarang siapa yang bertanggung jawab?

Akhirnya setelah negosiasi, Jasa pengirim akhirnya mau mengganti, kerusakan yang trjadi dengan hanya memberikan 5 kali jasa ongkos kirim, Apakah cukup untuk membeli kasing PS3 utuh? Adakah yang jual kasingnya?



Akhirnya Terpaksa Eyang kanibalin beberapa, Mesin Eyang yang ada, Untuk diambil kasing kanibalanya, Diharap hal ini eyang lakukan bisa mengganti kerusakan kasing Sipengirim,

Tapi mempertimbangkan hal Itu semuanya, Akhirnya Eyang putuskan Untuk semua Incu Eyang, dimanapun, Eyang ngga mau dan ngga akan lagi menerima pekerjaan dari manapun diluar pulau Bali. Karena didasarkan Pertimbangan dan alasan :

1. Resiko Pengiriman, Resiko siapa?
2. Beberapa Part Tidak ada dipasaran, Sayang Ongkos Kalo ngga bisa dibenerin.
3. Hitung punya hitung Kasian sipengirim, Ongkos dan jasa bisa membuat Buntung.

Hindari pengiriman barang tanpa konfirmasi Terlebih dahulu sama Eyang, Apalagi mesin mesin yang sudah mati IC RSXnya, Eyang ngga punya IC tersebut, Kebanyakan sekarang hanya IC Cabutan yang Eyang Cabut, Dari mesin yang Lain yang masih bagus IC RSXnya... Tapi kan mesin kanibalan jarang dan sukar didapet, apalagi IC RSXnya masih bagus. kebanyakan IC RSXnya sudah mati semua. Jadi harus mau nunggu Lantas nunggunya sampe kapan, tergantung Cu kapan eyang dapat mesin kanibalannya, Jadi Kapan?, Ya kapan-kapan aja cu tanyain aja pada rumput yang bergoyang? eh yang punya mesinnya, kapan mau dijual mesinnya, Biar eyang bisa sembelih itu mesin untuk diambil IC RSXnya.....

Pernah di Forum tetangga, Menyebutkan, seolah-olah, Jika sudah memiliki BGA Rework Station, Semua masalah yang berkaitan dengan IC BGA dipastikan semua bisa beres, bisa tanpa masalah, Bisa totalitas diperbaiki, "Bener"Jawab Eyang, Iya Bener, Seratus bahkan seribu persen, bener, asalkan yang dipasang, bukan IC yang sudah Mati, Dan bukan IC RSX yang sudah direhot sama dukun hingga mati, Pastikan itu dulu, Semua jalur tidak ada yang tercerabut, Fixture masih semua rigid, Tapi Kalo PCB Aja sudah bengkung, Jalur kecabut ada beberapa, IC RSX sudah meninggal dunia, Lantas apa yang bisa dilakukan oleh sebuah alat BGA Rework Station?, Bisakah BGA Rework menyambung jalur fixture sempurna? seperti aslinya, Sehingga resistansi yang dimiliki tidak akan menjadi lebih besar, ataupun tidak menjadi lebih kecil? Bisakah BGA Rework menghidupkan kembali RSX yang sudah Mati?



Bekerja dengan menggunakan BGA Rework Station lebih presisi dan akurat, Karena temperatur IC dan Temperatur Infra Red, Dimonitor, dan disetting melalui, Firmware yang bisa dilakukan secara Manual dan otomatis, Terdapat beberapa alat yang dikhususkan untuk melindungi panas berlebih dari panasnya pemanas atas maupun pemanas bawah, Alat tersebut diantaranya, adalah Thermocouple, dan Buzzer, Jika peningkatan suhu melebihi, respon yang diharuskan, Inilah kelebihannya menggunakan BGA Rework Station dibandingkan dengan hanya menggunakan Blower, Heatgun ataupun Heater biasa.

Mengenai BGA Rework Station Keunggulan dan kekuranganya, Eyang pastikan nanti Eyang Kasih tahu, pada postingan berikutnya, Eyang janji akan memaparkannya, mudah mudahan jelas, Sebetulnya Jika incu, memiliki EBOOK PS3, Disana juga sudah terdapat beberapa judul yang bisa incu pelajari, Tentang keuntungan memiliki BGA Rework station, Specifikasi BGA Rework, Yang cocok bagi pemula, Yang seperti apa? Sip, nanti ya Eyang paparkan hatur nuhun bin hatur tengqiu, Eyang ngantuk sudah jam 5 pagi, Eyang belum tidur...

NB :

Maaf, BBM punya Eyang Trouble, Untuk semua incu Eyang, Mohon maaf untuk sementara, Belum bisa dipakai, Eyang mau coba ke XLnya mau DEMO, Kenapa BBM Eyang diturunkan, Harusnya kan yang diturunkan BBM minyak bahan bakar, Bukan BBM hape...hehehehehe sabar ya cu, Eyang hari ini "kepaksa" pergi ke xl centre mo betulin ini BBM.

BAHASAN YANGS SESUAI DENGAN ARTIKEL INI.
1]. PS3 SLIM MATI SETELAH BEBERAPA MENIT DIPAKAI, GEJALA BUKAN YLOD
2]. LANGKAH DETAIL CABUT PASANG IC PS3 YLOD
3]. PS3 SLIM SELALU MATI SETELAH BEBERAPA SAAT DIHIDUPKAN
4]. PS3 YLOD ADAKAH SOLUSINYA BAGI NEWBIE?
5]. MENGHINDARI YLOD RAWATLAH PS3 ANDA, DENGAN MELAKUKAN MAINTENANCE SECARA BERKALA.







Tutorial service semua playstation : PS3 ylod, PSP Brick, PS2HDD
Dibuat oleh : MERPATI - PS
rudie777-Yuanita Budiman
[0361] 2735745 - 081558001488
Email : rudie777@ymail.com
Jl Merpati 36 Monang-Maning DPS - BALI.


Mencari Artikel yang anda butuhkan, Silahkan Buka bagian ARSIP

1 comments:

  1. gan kalo cd pancingan ya suka keluar sendiri itu kenapa ya?

    ReplyDelete