CARA EKSTRIM MELAKUKAN REBALLING IC RSX DENGAN MENGGUNAKAN MIKROWAVE DAPUR. PART 1

Ditulis oleh: -


Judul yang Bikin Mata melotot, Dan cenderung, Akan membuat orang bertanya-tanya, Bener nih bisa? masa nge Reball IC RSX PS3 pake, Microwave Dapur? Emang bisa?, Ya, Itulah tantangannya, Dan itulah yang akan Eyang buktikan, "Bisakah" tadi, Ntar kalo sudah bisa, Adakah Cendol untuk Eyang?

PERTIMBANGANNYA :

Jika ternyata Berhasil dengan cara ini, Maka Memasang Timah butir, Yang biasanya menggunakan BGA Rework Station, Bisa kita lakukan dengan cara yang sama cepatnya, Dan sangat murah serta mudah, Tidak perlu memahami, Teknik yang rumit. Dan hasilnya sama persis dengan menggunakan BGA Rework Station yang mahal sekalipun. Bukankah seorang ibu rumah tangga, Sangat familiar menggunakan sebuah oven? Begitulah kira-kiranya, kemudahan yang saya harapkan. Tidak perlu anda pahami settingan permainan suhu, dalam proses reballing jika incu menggunakan BGA Rework Station.

SPECIFIKASI PERALATAN YANG DIGUNAKAN :

MICROWAVE General Electric dengan type JEI 64250WW
JOVY BGA Reballing kits + Stencil PS3



TAHAPAN PROSES REBALLING :

Proses ini tidak akan membuat Microwave incu semua, Beresiko Meledak, Ataupun rumah hancur karenanya, Eyang belum berani kalo mencoba Resoldering [Memasang ulang] IC RSX pada mainboard PS3nya, Karena banyak komponen, Yang Eyang pikir, Memungkinkan Part komponen tersebut akan "Meledak" Apabila terkena panas tinggi. Biarpun dilindungi oleh selotife anti panas.

1]. Bersihkan Bottom Reballing Jig, Terutama tiap sudutnya.



2]. Bersihkan MIDLE Reballing Jig, Terutama kantung sisa Solder Ball



3]. Kemudian Posisikan Frame kit IC RSX pada tengah-tengah MIDLE dan UPPER reballing Jig, Perhatikan Anda harus men-sekrupnya, Tapi jangan terlalu erat menjepitnya, Karena anda akan mengatur lubang Solder Ball agar menempati posisinya Sesuai dan tepat pada lokasinya di posisi Pinhole pada pcb IC RSX.



4]. Sekarang Kendorkan Keempat Sekrup yang berada pada BOTTOM reballing Jig, Taruh IC RSX yang sudah anda bersihkan dan buang timah Solder Ballnya, Sisanya, Setelah itu Tempatkan kedalam jepitan RSX pada center IC, Yang terletak tepat di tengah BOTTOM reballing Jig. Setelah Itu Rapatkan dan kunci dengan 4 sekrup tadi.









Tahapan yang susah dan paling menuntut harus anda teliti, Adalah ini, Ketika nge-pas-in Posisi lubang Frame dengan Pinhole Solder Ball, Ada sedikit Trik Dari saya. "Lihat oleh anda hanya tiap sudut-sudutnya saja", Sudah pas, Apa belum lubangnya, Jika sudah Pas, Kuncilah Semua sekrup yang ada. Biar tidak bergerak atau bergeser. Tapi pastiin Jangan selek atau Doll... setelah itu berikan tipis aja Amtech keatasnya pake Kwas, Dan tekan serta ratakan dengan menggunakan Mini Sculpt.



Tutup Sekarang BOTTOM dengan MIDLE dan UPPERNYA reballing jig, Taburkan merata solder ball pada Frame, Kemudian Ratakan mengunakan Mini Sculpt, Setelah rata dan terisi semua lubang lubangnya. Pada tiap sudut lubang Frame, Anda cabut aja 1bulir solder ball tiap sudutnya, Apakah sudah Pas belum Posisinya, Rajinlah Intip ya. biar PAS.



Setelah Tepat semua Solder Ball menempati posisinya dengan pas, Angkatlah MIDLE dan UPPER Reballing Jig secara perlahan, Hati-hatilah pada saat Membukanya, Jangan sampai Posisinya berubah karena gerakan anda yang terburu buru dan kurang hati-hati, Setelah terbuka, Anda berikan beberapa solder ball sisanya yang tadi anda sengaja ngga isi, Gunakan Denthal Stick atau kalau ngga punya, Pake aja jarum pentol.



IC RSX PS3 Setelah selesai pemasangan Solderballnya, Usahakan harus tepat, Menempati posisi Pinoutnya dengan tepat. Ingat ada baiknya anda periksa kembali, Dengan menggunakan kaca pembesar, Atau Loop, Perhatikan, Adakah Timah yang bergeser. Jika ada segera betulkan, Jika dirasa sudah lengkap. Siapkan Microwave nya.



MEMANGGANG SOLDER BALL PADA IC RSX PS3 DENGAN MENGGUNAKAN MICROWAVE

Sistem pemanggangan yang Eyang harapkan, Tidak membuat Strees pada PCB mainboard, Orang pinter banyak menyebutkanya, Efek "PopCorn" Eyang ngga tahu, ituh, Tapi sering makan Jagong bleduk, Popcorn mungkin incu Eyang yang sering mejeng di Mall.

Sebelumnya, Incu sebaiknya, memahami jenis microwave yang incu miliki, Karena diluaran sana banyak Jenis-Jenis Microwave Oven yang dipasarkan, Berikut ini jenis-jenis Microwave oven yang dijual, Pahami sebelumnya Ya.

1. Berdasarkan KONTROL [Jangan salah nyebut] yang dipakai :
- Mekanikal [Biasanya masih menggunakan timer]
- Kontrol sentuh/Touchscreen [menggunakan PCB Kontrol/mikro kontrol]

2. Berdasarkan SYSTEMnya dalam memasak
- Hanya memakai gelombang mikro
- Hanya memakai heater [convensional]
- Kombinasi gelombang mikro dan heater

3. Berdasarkan KAPASITASNYA
- Ukuran kompak [kecil]
- Ukuran medium/midle
- Ukuran besar.

4. Berdasarkan sistem DISTRIBUS energi
- Strirrer
- Turn table
- Strirrer dan Turn table
- Manual

5. Berdasarkan sistem SUMBER pengeluaran energi
- Atas
- Samping
- bawah

6. berdasarkan lapisan CAVITY
- Lapisan epoxy polyester [putih]
- Lapisan enamel [abu-abu, biru, hitam]

Eyang dalam Praktek memanggang solder ball dalam proses reballing ini menggunakan jenis oven microwave dengan Specifikasi :

1]. Kontrol sentuh Touchscreen.
2]. System menggunakan hanya Gelombang Mikro.
3]. Kapasitasnya ukuran sedang.
4]. Distribusi Energi Strirrer
5]. Sumber pengeluaran Energinya dari atas Sebelah kanan.
6]. Lapisan Cavity menggunakan Epoxy Polyester.

Untuk lebih memahami cara menggunakannya Incu bisa download disini.

Lihat, Hasilnya, Wow keren. sama dengan menggunakan BGA Rework System.. Eyang bisa kasih Komentar seperti ini karena Eyang juga punya BGA Rework System beberapa.. Hasilnya sama. Maknyus.lihatlah begitu rapihnya solderball berbaris...





Cara memanggangnya pada microwave, Tutorial teks sama Tutorial videonya Eyang posting berikutnya saja Eyangnya cape, banyak kerjaan belum kelar, belum mandi, belum makan,... duh gusti..belum lagi harus setor dapur ngebul...

BAHASAN YANG TERKAIT DENGAN ARTIKEL INI :
1]. PERBANDINGAN KEMAMPUAN PS4, PS3, PS2 DAN PS1.
2]. REBALLING PS3 YLOD MANUAL
3]. REBALLING EXSTREEM MANUAL POSISI IC RSX PS3, TANPA FRAME KIT, DIPASANG LANGSUNG PADA MAINBOARD PS3
4]. REBALLING PS3 YLOD MANUAL
5]. MEMBUAT MENU MANAGER PS3


Tutorial service semua playstation : PS3 ylod, PSP Brick, PS2HDD
Dibuat oleh : MERPATI - PS
rudie777-Yuanita Budiman
[0361] 2735745 - 081558001488
Email : rudie777@ymail.com
Jl Merpati 36 Monang-Maning DPS - BALI.


Mencari Artikel yang anda butuhkan, Silahkan Buka bagian ARSIP

0 comments "CARA EKSTRIM MELAKUKAN REBALLING IC RSX DENGAN MENGGUNAKAN MIKROWAVE DAPUR. PART 1", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment