CARA MERAWAT SOLDER BUAT PEMULA

Ditulis oleh: -



Sering kali Eyang mendapat pertanyaan tentang cara merawat solder, menggunakan solder yang baik, Sampai terdapat pertanyaan yang agak bagusan seperti ini, Kenapa Eyang anggap Pertanyaan yang agak Bagusan, Karena Kasus mata solder menghitam, Susah untuk melumerkan timah, Serta mata solder setelah menghitam terus menjadi Cowak atau rompal, dan akhirnya putus, itu disebabkan oleh perawatan yang ngga bener, Perilaku Pake yang salah, Simak pembicaraan Eyang dibawah ini.

Pertanyaan :

Saya ingin tanya, Eyang? Kenapa waktu pengerjaan melepas, Dan juga menyambung komponen di PCB, Mata solder yang saya pake, Selalu menjadi hitam, Setelah dibersihkan lalu hitam lagi. Apa penyebabnya? Apa dari kawat timah yang mutunya kurang baik? Padahal saya sudah pake timah yang mahal, merk "goot" Oh, ya, Apakah ada tips agar cepat melepas komponen dari PCB, Yang terkadang Sangat sulit untuk dilepasnya? Thanks. Eyang.

Jawaban Eyang :

Menjadi hitamnya mata solder tidak dipengaruhi oleh kualitas kawat (wire) solder. "Sebagus" apapun kawat solder yang dipakai,  Akan menyebabkan mata solder menghitam. Itu disebabkan karena  sisa dari Oksida, Yang menempel pada mata solder,  Setelah terjadinya proses penyolderan. Flux solder dan sisa timah yang menempel,  Pada mata solder,  Akan menghitam,  Dan mengganggu fungsi penyolderan berikutnya,  Secara konfensional untuk membersihkan Mata solder,  Biasanya menggunakan Foam atau Spons yang dibasahi air. Namun untuk era sekarang ini, Sudah dijual dipasaran,  berbagai merek TIP REFRESHER yang berfungsi untuk membersihkan mata solder,  Dan menjaga agar mata solder tetap awet. Komposisinya ada beberapa opsi yang dipakai, Baik yang RoHS maupun yang lead base. Silahkan Incu semua pelajari, Sisi baik dan sisi buruknya.



Dan mengenai, Part yang susah dicabut oleh solder, Anda sebaiknya gunakan Timah pasta, Eyang recomended gunakan Pasta bermerk Loffet, Lebih baik dalam penggunaannya, Jika dibandingkan dengan jenis merk yang lain.

Tuntas sudah rasanya hari ini Posting, Jika susah nyari Loffet dan Tip refreshner solder, Eyang ambilin di toko sebelah, boleh. Kalo ngga salah dia jual

Loffet  pasta, Harganya 75.000
Tip Refreshner,  Harganya 175.000

Silahkan incu bandingin aja harganya di kota incu semua tinggal, maaf eyang ngga berani nyebut ini murah soalnya, Harga Bali kadang identik harga Bule, Padahal banyak nya sekarang yang datang, hanya Bule gelo dan Bule selon, lebih dari itu..bisa diitung jari, cuman datang tuk mabok di Bali. hehehe...itu sih yang keliatanya.

BAHASAN YANG SESUAI DENGAN ARTIKEL INI
1]. MAIN PS2 DI PC, CARANYA?
2]. PS2 BLANK, LACI NGGA BISA KEBUKA, APANYA YA YANG RUSAK?
3]. CARA MENGGANTI DAN MENGAKALI HARDISK
4]. BAGAIMANA MEMILIH HARDISK UNTUK PS3/PS2 EKSTERNAL?
5]. HARDISK PS2 BERMASALAH TIDAK TERDETEKSI PADA SAAT COPY GAME













Tutorial service semua playstation : PS3 ylod, PSP Brick, PS2HDD
Dibuat oleh : MERPATI - PS
rudie777-Yuanita Budiman
[0361] 2735745 - 081558001488
Email : rudie777@ymail.com
Jl Merpati 36 Monang-Maning DPS - BALI.


Mencari Artikel yang anda butuhkan, Silahkan Buka bagian ARSIP

0 comments "CARA MERAWAT SOLDER BUAT PEMULA", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment