CARA MENGUKUR ELCO PS2 YANG BOCOR. SEHINGGA PS2 BERGARIS ATAU BLANK.

Ditulis oleh: -

MENGUKUR ELCO DENGAN MULTIMETER ATAU AVOMETER



Cu pernah ngalamin gambar berbintik kayak semut? Dan terkadang PS2 nya Blank? Dalam beberapa hal, Ternyata gara-gara Elcopun bisa, enyebabkan hal ini, Pernah eyang dibuat Puyeng, Karena semua IC sudah diukurin, Jalur sudah disunut satu persatu, Eh belum ketemu juga penyakitnya, Eh, Ternyata Cu, Elco penyebabnya, Ada yang bocor dan ada yang emang rusak serta jenuh harus di refresh.

Nah, Untuk membedakan Elco bermasalah, Dengan Elco sehat? Ikuti terus wejangan Eyang dibawah ini.

Sebenarnya cara yang Eyang sampaikan ini, kurang pas untuk memeriksa kapasitas dan kesehatan Elco, Cara yang tepat untuk mengukur Elco, Adalah dengan Menggunakan CAPACITANCE METER, Jadi dengan alat ini, Kita akan mengukur Elco dengan lebih presisi dan rigid. Karena alat ini dapat menunjukkan kapasitas yang sebenarnya, Daripada Elco yang kita miliki, Tapi dengan menggunakan avometerpun, bisa, tapi ngga bisa dikatakan seratus persen sempurna, Memakai avometer Cukup dapat membantu kita dalam hal pengukuran.

Berikut caranya :

1]. Putar batas ukur pada Ohmmeter X1 / X10 untuk elco yang ukurannya besar
2]. Putar batas ukur pada Ohmmeter dan X100 / X1K untuk elco yang ukurannya kecil.
3]. Hubungkan probe ke masing-masing kaki ELCO (bolak balik sama saja)
4]. Lihat Hasil nilai penunjukan jarum pada papan skala.

Kesimpulan Hasil Pengukuran

1]. Jarum penunjuk menunjukan angka dan kembali ke tempat semula berarti ELCO baik
2]. Jarum penunjuk menunjuk angka dan tidak kembali ke tempat semula berarti ELCO bocor
3]. Jarum tidak bergerak sama sekali berarti ELCO putus
4]. Jarum menunjuk angka nol berarti ELCO short

Sebagai Contoh perhitungan, Mari kita lihat EBOOK PS, Yang terdapat datasheet PS2, Kita cari contoh kasus, Misalkan, Kita akan mengukur, Elco PS2 yang bermasalah, Sebagai contoh, Kita akan meneliti IC C439, Dijelaskan IC C439 ini "CAP, ELECT 150MF" yang berarti memiliki Capasitans-nya 150MF Mili Farad disingkat uF. [Lihat di Halaman 21].



Satuan kapasitansi adalah Farad (F), Mili Farad (mF), Micro Farad (uF), Nano Farad (nF), dan Piko Farad (pF). Nama Farad diabadikan sebagai Penemu satuan besaran kimia dan fisikanya.

1]. 1 F = 1.000 mF [1000 Milli Farad]
2]. 1 mF = 1.000 uF [1000 Micro Farad]
3]. 1 uF = 1.000 pF [1000 Piko Farad]

Mengenai Diagram teksnya, Buka pada halaman 30

Apakah Incu mengerti artinya tulisan C439[150u/4v]?
Jika Incu baca arti tulisan itu berarti :

C = Capasitor
439 = Nomer Code Capasitor
150u = Mempunyai Kapasitas 150Micro Farad.
4v = Dengan Tegangan Maksimal 4volt



Ukurlah Elco tersebut, karena, Gara-gara, Elco Bocor, Elco Short, Ataupun Elco mati, Dampaknya beragam, Dan, Terkadang menyebalkan, Kayak masalah Grafik.  Semoga Incu lebih paham, Jadi montir bener ituh, Ngga boleh dikira-kira, Ngga Boleh sebelum akurasi ukuran belum didapat, Sudah punya Vonis. Oh, Ic ini, Ic ini pasti...!!. Itulah yang kadang Eyang bilang Montir Dongo, Turunan Dukun. Boleh saja menduga Tapi, Pembuktian dengan cara mengukurnya kan, Itu yang penting. 

Jadi Eyang bisa tahu, Dari pertanyaan, Yang ebook ps, Itu, adakah yang memaparkan, Mengatasi PS2 Blank? Misalkan PS2 Blank, Itu kita harus ukur, IC mana aja.... Eyang kan udah pengalaman, Pasti tahu Ic mana aja kan yang sering rusak?, Itumah sama atuh, Dengan nyuruh Eyang jadi Dukun Tea, Jadi montir Asbun dan dongo, PS2 Blank, Power suply mati bisa, IC EE, GS, RB, Kaca rusak bisa, Dan Knop atau Switch on Off  Flexyble nya sobek, bisa, akhirnya Tombol on Off ngga idup bisa juga.Jadi yang mana yang eyang harus pastiin tanpa ngukur? Masa Ujug-ujug, Oh ini pasti IC BA atau ini pasti IC LM....Duh Gusti. Bisa Gila Eyang punya pikiran,  Kalo ada yang ngaku montir PS kelakuannya begini, Berarti bisa diketahui, Urusan biasa dia kerja, Cuman tebak-tebakan, Doang, Kalo resiko penyakit bertambah, sudah puyeng ngerjain, Baru kasiin konsumen..Cilaka saratus tiga belas cu...!!!!

Dalam Ebook PS ini. Banyak memaparkan hal-hal teknis, Bukan Praduga tanpa fakta pengukuran, Memang ada beberapa Bagian yang bisa diketahui, Kalo penyakitnya begini, dengan ciri-ciri..begini, Pasti IC ini yang bermasalah, Ya. Eyang akui ada beberapa hal yang kita bisa prediksikan, Cari analoginya dengan tepat. Tapi kan ngga semua masalah bisa dan pasti bisa dipredikdsikan seperti itu..Yang bener sih, Baca alur, Baca Blok Diagram. Baca IC yang dikategorikan, Gunakan Konsep kerja FLOWCHART, Dan gunakan kemampuan proses pengukuran. Apalagi PS2 Blank,...komplek itu cu. Ada yang bisa diukur menggunakan Avometer, Ada juga yang ngga bisa diukur pake Avo, Karena yang diukur, Frekwensi, masa pake avometer diukurnya?....Pertimbangkan, Dan bersyukurlah selalu, Selama Incu mau belajar, Pasti ada peluang untuk bisa...! Eyangpun sampai saat ini masih belajar kok, Makin dalam belajar, makin banyak tahu, Ternyata yang kita miliki sangat...sangat sedikit dan tidak seberapa, Duh..!



BAHASAN YANG TERKAIT DENGAN ARTIKEL INI ADALAH :
1]. CARA MENGUKUR OPTIK PS2 MASIH BAGUS ATAU TIDAK
2]. CARA MENGUKUR CXR PS2





Tutorial service semua playstation : PS3 ylod, PSP Brick, PS2HDD
Dibuat oleh : MERPATI - PS
rudie777-Yuanita Budiman
[0361] 2735745 - 081558001488
Email : rudie777@ymail.com
Jl Merpati 36 Monang-Maning DPS - BALI.


Mencari Artikel yang Incu butuhkan, Silahkan Buka bagian ARSIP

0 comments "CARA MENGUKUR ELCO PS2 YANG BOCOR. SEHINGGA PS2 BERGARIS ATAU BLANK.", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment