PS2 BLANK, IC GS KAH YANG RUSAK?

Ditulis oleh: -



Sebetulnya seringkali banyak bahasan,  Bisa anda temui, Mengenai PS2 Blank, Kalo kita bicara blanknya PS2, Jelas itu semua terdapat masalah pada IC grafik Control manajementnya, Yang terdapat pada tiap-tiap IC control unit. Seperti EE, GS dan lain-lainnya, Tapi penyebab, IC ini, Nggak bisa mengeluarkan sinyal Video atau Gambar, Banyak sekali penyebabnya. Salah satu yang akan kita bahas disini sekarang, Adalah : Kerusakan pada IC GS, Yang menyebabkan Gambar PS2 menjadi Blank, Sebetulnya agak susah ngomongnya, Untuk menghindari Hal-hal dan kata-kata yang mengandung unsur teknik, Karena tidak semua orang yang membaca blog Eyang ini, Mengerti dasar-dasar elektronika, Dan berlatar belakang pendidikan elektro dan informatika.

Lihat sekarang IC Control Grafik Management Pada PS2, Buka Buku Diagram atau Skema yang telah anda beli, Pada halaman 7,  Anda bisa lihat Gambarnya seperti dibawah ini.



Apakah IC GS bisa diukur dengan menggunakan Avometer? Pertanyaan ini pasti akan sering diutarakan, Karena sahabat-sahabat Eyang semuanya, Hampir semunya memiliki Avometer+Blower, Sementara yang lain temen-temennya seperti Osciloskop, BGA Rewor Station, BGA Frame kit+Stencil, Dan Thermometer IR, Mungkin menyusul, Dan sementara waktu,  Dirasa perlu bernapas dahulu, Dengan yang ada . Ya real nya seperti itu. Tapi ngga usah minder,  Dan ngga usah malu, Eyangpun dulu seperti itu, Dan nabung terus dari hasil yang didapat, Akhirnya bisa Lengkap, Dan peralatan modernpun, Akhirnya   Eyang bisa miliki.

Buka sekarang Pada halaman 10, Pada EBOOK PS, [Diagram dan Skema PS2] Disana jelas terlihat, Fungsi-fungsi beberapa Jalur dan IC yang bersangkutan Dengan IC GS, Lihat Jalurnya yang ditandai Garis berwarna Merah, Sekarang ukurlah Oleh anda IC, Dan Jalur-jalur output, Maupun Inputnya IC yang bekerja tersebut dengan IC GS,.



Ukurlah IC GS tersebut dengan Mainboard yang terkoneksi dengan Power suply ON, Eyang tandai dengan beberapa huruf kapital. Pada tiap hurup kapital ini, Bermuatan masing dayanya adalah :

A]. AVDA : Pada Kaki 387, Terdapat muatan Dayanya sebesar, 2.5 volt.
B]. Titik B ini untuk pengukuran menggunakan Osciloskop, Karena Frekwensi yang diukurnya.
C]. AVDA : Pada Kaki 110, Terdapat muatan Dayanya sebesar, 2.5 volt.

CATATAN : 

Jika hasil yang didapat, Kurang dari 2.5volt. Sebaiknya anda Coba Lakukan Reballing Pada IC GS tersebut, Jika Ternyata berhasil, Setelah diukur kembali, Berarti hanya terjadi Crash ataupun Crak dan oksida pada Solder ballnya, Tapi jika setelah di reballing, Hasil pengukuran Masih kurang dari 2,5volt. Sebaiknya anda Ganti saja ICnya, Menggunakan Mainboard Kanibalan, Jika ngga punya mainboard kanibalan, Anda bisa hubungi Eyang untuk membelinya... Eyang jual harganya 175 ribu, per-mainboard PS2. Minimal beli 10pcs.



Alternatife pengukuran bisa juga anda ukur dari Z, Adalah IC [Q201, TRANSISTOR] Pada kakinya harus terukur 5volt.



Sebetulnya yang paling bener dan akurat adalah mengukurnya menggunakan Osciloskop, Karena yang diukurnya adalah Frekwensinya... Jika diantara Pembaca, Incu Eyang, Ada yang memberi masukan silahkan komen di forum.. atau bisikin aja sama eyang, via email, biar eyang muat nanti di blog. dibagiin buat incu batur lainnya... Matur suksema. tenqiu.


Bahasan yang terkait dengan artikel ini :
1]. MCBOOTING HDLOADER UNTUK TOKO/RENTAL DAN PRIBADI
2]. CARA NGISI GAME PAKE USBUTIL UNTUK PS2
3]. MENGEDIT WINHIIP,DAN MENGGANTI TAMPILANNYA DENGAN LOGO CUSTOME
4]. MAINKAN GAME PS2 OPL TANPA MCBOOTING
5]. TUTORIAL MENGGUNAKAN PROGRAM PS2ESDL PADA PS2.




Tutorial service semua playstation : PS3 ylod, PSP Brick, PS2HDD
Dibuat oleh : MERPATI - PS
rudie777-Yuanita Budiman
[0361] 2735745 - 081558001488
Email : rudie777@ymail.com
Jl Merpati 36 Monang-Maning DPS - BALI.


Mencari Artikel yang anda butuhkan, Silahkan Buka bagian ARSIP

0 comments "PS2 BLANK, IC GS KAH YANG RUSAK?", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment