MESIN BGA REWORK YANG BAIK, HARUS SEPERTI APA?

Ditulis oleh: -




PROLOOG :

Malam Ini Eyang dapet BBM dari Incu Eyang, di Jawa-Barat, Dia bertanya,  Mesin BGA Rework Station apa? Yang cocok untuk semua para pemakai Pemula? Istilah kerennya,  Incu Eyang yang satu ini, Ingin  Naik kelas,  Dari biasanya menggunakan Hotair,  Atau Blower, Menjadi Mahir dan jagoan memakai mesin BGA Rework Station, Dan Biasa menggunakan AVOmeter Analog atau AVOmeter Digital, Nanti, Menjadi piawai menggunakan Oscilloscope, Nah,  Itu semua harapannya.. Jujur Eyang Sangat senang mendengar semua keinginannya untuk maju, Jarang-jarang Orang ada keinginan "Bener" ingin maju, Yang ada, belum apa-apa sudah merasa kemahalan, Ngga mampu beli, Ngga bisa, Ngga tahu, Jadi Kapan majunnya? Tapi,  Kalo beli mobil baru, Atau Motor Gede, Kayak CBR250, Dan NINJA 250r, Kok bisa? Kok Mampu? Kok ngga ada keberatan sama sekali?  Nah, Itulah yang Eyang rasa Incu yang satu ini, Eyang sangat, Sangat hargai semua keinginannya..!, Dan tentunya Eyang juga harapkan Incu yang lainnya,  Ikut memikirkannya.



SOLUSI :

Dalam pengamatan Eyang, BGA Rework Station [BGA RS], Dari jenis Pemancar panasnya, Banyak menggunakan Infra Red, Infra red ini, Terdiri dari 2 jenis, Ada yang DARK Infra Red, dan Adapula yang memakai system LIGHT Infra Red, Keduanya Terdapat faktor Untung dan Ruginya. Untuk saat ini Sebaiknya Incu Tahu dulu bagian bagian secara Umum  BGA RS. Karena Eyang pakenya BGA RS merk JOVY, Eyang akan beberkan apa yang Eyang Tahu Tentang BGA RS JOVY.





KETERANGAN :

1]. UPPER HEATER [UH]
2]. DOWN HEATET [DH]
3]. THERMOCOUPLE [TC]
4]. LCD DISPLAY STATUS [DS]
5]. X-Y TABLE
6]. COOLLING FAN
7]. LASER POINTER
8]. GUARD GLASS
9]. CONTROL SWITCHES STATUS
10]. POWER PLUG
11]. POWER SWITCH
12]. FUSE
13]. THERMOCOUPLE PLUG
14]. USB PORT
15]. PICKING UP TUBE/VACUUM PUMP

Jadi dalam keadaan Standar, BGA RS, Memiliki bagian bagian nya seperti diatas, Tapi dengan lajunya teknologi, Maka Digital Scanner with Display, Serta cabut pasang IC tidak dilakukan secara manual lagi, Dijadikan secara otomatis dengan presisi tinggi. menggunakan komputer dengan software programing tertentu. Mahal sudah pasti cu, Kalo ngga salah harganya 375jt, dengan merk PDR XT5.



Eyang saranin, Untuk incu yang baru naik tingkat, Pake aja JOVY, Kalo beli yang Cinaan, Eyang agak ragu merekomendasikannya, Karena Eyang, Pake merk IR9000, Ternyata belum 1 tahun, UH bermasalah, Dan tidak fokus, Sering suhunya turun naik, Dan ini menyebabkan proses tidak stabil, Board bengkung. Efek Popcorn sering dialami pada IC dan PCB, Tapi pake JOVY, Untuk saat ini Eyang belum merasakan hal-hal yang seperti itu, karena preaheating dan soaking dengan mudah untuk dilakukan secara manual. Dan kebetulan Eyang kenal sama Bpk Sutarwan, Dia support segala permasalahan yang ada, dari mulai suplies, acesories, dan garansi, Pak Sutarwan, bisa diandalkan, Terbukti Eyang ngga minta, Ngga tahu, ada inovasi dari JOVY, Ujug-ujug, Eyang dikasih X-Y Table xlarge, Untuk memasang PCB PS3 dengan ukuran besar, padahal sudah 2 tahun ngga kontek-kontekan,...Eh Ujug-Ujug dia kasih, Itulah mungkin buktinya, Perhatian pada konsumennya ada. Yang lain? Eyang belum tahu, UH dari IR9000 aja rusak, Eyang kebingungan harus dibawa kemana? Duh.... Masa di kasiin ama Ayu Tingting untuk mencari alamatnya??? genting dong.

Silahkan Incu Download Manual book nya, Untuk bahan masukan pertimbangan keputusan beli yang mana? Karena beli mesin beginian, Kayak Hotair, Jaman Dulu keluar, Harga sampe 15jutaan, Eyang beli, Baru 1 atau 2 bulan sudah BEP, Tapi penurunanyapun GILA, 5-6 tahun kemudian Incu Tahu sekarang,  harganya Hotair digital cinaan baru di jual? Cuman 350ribu, Di Jakarta...Rugi? Nyeselkah Eyang? Ngga tuh!!.. Karena seingat Eyang, Dulu Rumah kebeli dari kerjaan tukang service, ya,  Dari si hotair merk GOOT itulah senjatanya... Sekarang dengan adanya JOVY terulang lagi cu, karena setahu Eyang di BALI ngga ada yang mau beli JOVY, mending beli motor KAWASAKI aja seperti temen Eyang, keliahatannya Gagah. Tapi ya duitnya ngga ada...Kalo dapet orderan, akhirnya dikasiin sama Eyang, Dia hanya ngutip aja kerjanya, seperak dua perak, So jadi...kapan majunya cu, Cuman motor doang yang maju, hahahahahaha...






Tutorial service semua playstation : PS3 ylod, PSP Brick, PS2HDD
Dibuat oleh : MERPATI - PS
rudie777-Yuanita Budiman
[0361] 2735745 - 081558001488
Email : rudie777@ymail.com
Jl Merpati 36 Monang-Maning DPS - BALI.


Mencari Artikel yang anda butuhkan, Silahkan Buka bagian ARSIP

1 comments: