CARA PASANG IC RSX PADA PCB PS3 SECARA MANUAL MENGGUNAKAN HOTAIR TANPA CETAKAN DAN TANPA BGA REWORK MUNGKINKAH ?

Ditulis oleh: -
Pada saat ini, Penyakit yang paling sering menghantui, Para Pemilik PS3, Adalah PS3nya terkena Penyakit YLOD [Yellow Light Offer Death], Kedua adalah Penyakit RSOD [Red Screen Offer Death], Dan terakhir adalah Penyakit tanpa sengaja Telah Terupdatenya Firmware versi Jailbreak ke Updater Firware Official yang Tidak bisa lagi memainkan beberapa game Versi Jailbreak, Sementara Penyakit yang lain boleh dikatakan jarang ditemui, Jarang ditemui disini maksudnya, Frekwensinya kecil banget dibandingkan ketiga penyakit diatas.



Latar belakang,  kenapa Tulisan ini,  Eyang publikasikan,  Karena Eyang melihat,  Beberapa teman, Sesama Montir PS, Mereka belum Mau, Dan belum mampu untuk membeli, BGA Rework Station,  Yang dirasa harganya terlampau mahal, Ya Faktor harga,  Menjadi kendala utamanya. Belum lagi karena mereka merasa, Belum familiar,  Dengan cara penggunaan alat terebut, Yang dirasa, Terlalu besar listrik yang diperlukannya.



Ya, Eyang Sadari, Tulisan Eyang kali ini jauh dari Solusi sempurna, Untuk mengatasi YLOD,  Karena Alat yang digunakan hanya sebatas,  Memakai "HotAir",  Dengan kemampuan,  Dan kapasitasnya yang terbatas, Ingat sebaiknya,  Hotair yang dipakai,  Sebaiknya yang memiliki type DIGITAL,  Bukan yang manual,  Karena dengan menggunakan yang digital,  Pekerjaan akan lebih baik,  Tingkat pengaturan suhunnya dibandingkan Yang manual.



Cara ini,  Eyang sering pake "dulu" Sebelum Eyang memiliki BGA Rework Station,  Dengan merk JOVY, Pekerjaan Yang eyang hadapi, Jauh lebih mudah terselesaikan, Prosesnya lebih cepat,  Dan hasilnya akan terasa lebih presisi.

Baik sekarang kita kembali ke topik Utamanya, Memasang IC RSX pada PS3 menggunakan Hotair, Bagaimana Cara melakukannya?  Ikuti Bisikan Eyang  seperti dibawah Ini :

1. Angkat IC RSX PS3 Dengan menggunakan HotAir, Ingat pergunakanlah Temperatur Infra red, Untuk mengukur tingkat Panas, Yang dialami oleh IC RSX,  Ingat Temperatur yang Dipatok jangan Melebihi 200 derajat celcius, Jika hal itu anda langgar, Eyang jamin, IC RSX yang akan anda Cabut, Pasti akan Mati. Akhirnya ngga Guna anda angkat..! 

2. Setelah terangkat,  Bersihkan IC RSX tersebut, Dari timah sisa, Dengan menggunakan solder, Dan cairan Siongka, Ingat hati-hati jangan sampai Putus jalurnya. Bisa juga dibantu sama serat wire,  Untuk mangambil timah sisannya. Setelah terasa,  halus,  Dan mulus pada bagian permukaannya, Cucilah IC RSX tersebut dengan Cairan Bensin,  Biar bersih dari faktor oksidasi.  Keringkan,  Kemudian Gunakan Tissue kering, Pastikan sekali lagi dengan menggunakan Tissue bersih. Jika tissue tersebut tersisa,  Dan tercerabut sobek, Berarti masih ada timah sisa yang belum terangkat. Ulangi pekerjaan tadi, Sampai dirasa timahnya benar-benar bersih.

3. Setelah bersih,  Tempatkan IC RSX Tersebut,  Pada tempat yang kering,  Dan terhindar dari debu, Biasanya kalo Eyang,  Eyang bungkus sama Tissue,  Kemudian Eyang masukin ke kantong plastik bekas obat.

4. Lakukan dan bersihkan Timah sisa pada PCB PS3 tadi, Persis seperti apa yang anda lakukan pada point 2 dan 3, Pada tempat bekas IC RSX tadi menempatinya. Ingat, Harus hati-hati, Jangan sampai anda merubah, Atau menggeser IC-IC mickro yang terdapat, Disekeliling IC RSX.



5. Setelah PCB Dirasa sudah bersih, Berikan cairan fluk secara merata, Dengan tebal yang sangat-sangat tipis, Pada permukaannya, Sekarang taburi permukaannya oleh timah butir, Dengan ukuran 0.6mm, Ingat harus ukuran 0.6mm, Jangan yang lain, Setelah anda taburi, Tempatkan posisi butir-butir timah tadi, Pada tempat pinoutnya. Usahakan menempati posisi yang sangat pas, Dalam tahapan ini, Disini Anda perlu telaten, Dan tahan napas, Jangan sampai karena napas anda terlalu kuat, Timah butirnya bergeser, Dan harus anda ulangi kembali, Pekerjaan tersebut, Disinilih ujian kesabaran sebenarnya yang anda akan hadapi.

6. Setelah semuanya terasa pas, Dan Rigid, Panasi permukaannya dengan Hotair anda pada posisi suhu mencapai 450 derajat celcius, Dan usahakan tiupan angin di 0. putarlah nozle hotair anda secara memutar penuh pada 360 derajat celcius, Lakukan perputaran Nozzle ini, Dan jangan sampai berhenti, Pada satu titik saja. Ingat kontrol suhu permukaan PCB dengan Temperatur Infra red, Jangan sampai melebihi panas di 180 derajat celcius, karena permukaan PCB bisa menggembung dan memutuskan jalur pinout yang ada. Kadang yang paling mudah terlihat adalah pada permukaan PCB menjadi Gosong.

7. Jika sudah Terpasang semua butir timahnya. Perhatikan menggunakan kaca pembesar, Sudahkah butir timah tadi, Menempati posisinya pada pinout yang seharusnya? Jika sudah tepat menempati posisi. sekarang berikan cairan siongka pada permukaan PCB tersebut, Menggunakan Kwas, Maksudnya biar rata, meliputi seluruh butiran timah tadi.

8. Sekarang ambil dan Pasangkanlah IC RSX tadi, Harus tepat menempati posisinya. Ingat dalam hal ini, Posisi kaki pertama, Dan harus Tepatnya posisi IC rsx menempati posisinya, Dengan memperhatikan Patok-patok kecil yang ada pada Sudut IC RSX. Panaskan IC RSX tersebut dengan memutar Nozzle tanpa henti. Perhatikan ketika cairan siongka mendidih kemudian mengering, Itu tanda IC RSX sudah menempel pada PCBnya. Sekali lagi suhu pada IC RSX jangan melebihi 180 derajat celcius.

9. dinginkan PCB dan IC RSX tersebut dengan membiarkanya kurang lebih sekitar 30 menit. Tempatkan pada tempat kering dan tidak berdebu.

10. Setelah benar benar dingin, Dan terasa RSX telah menempel dengan kuat, pada PCBnya, Bersihkan IC RSX tersebut, Dengan cairan Thinner, Gosoklah dengan menggunakan Sikat gigi bekas. Bersihkan dari sisa cairan siongka yang ada, Karena cairan ini bersipat lengket, Berbahaya kalo mesin panas, Maka cairan siongka, Akan mengikat debu, Dan bersipat korosif, Hingga bisa memutuskan jalur.

11. Pasangkan pada Cassing PS3nya, Testlah tanpa perlu menggunakan, Thermal pasta pada kedua ICnya, Testlah dahulu apakah masih YLOD pada PS3nya?. Jika 3 menit kipas normal, Dan tidak terjadi lagi YLOD berarti mesin PS3 anda telah lolos dari maut, Pasangkan pada cassing PS3nya, Dan berilah Thermal Pasta secara merata.

12. Tahapan ini membutuhkan pengalaman, Dan jam terbang yang cukup lama, Kenapa? Karena Suhu ruang berpengaruh terhadap prosesnya, Peralatan yang digunakan juga, Perlu perhatian khusus, Karena kadang-kadang temperatur Infra redpun suka tidak presisi dalam mengukurnya, Sebagai rujukan, Eyang seringkali, mengurangi panas hotair dengan menurunkanya menjadi 350 derajat, Karena, Kebetulan eyang punya 2 hotair pada suhu masing masing tertera 450 derajat celcius, Tapi pada kenyataannya, Ada yang lebih dari angka tertera atau malahan kurang, Jadi dengan seringnya anda memakai, maka peralatan yang anda pakai akan lebih anda kenal kemampuannya.

BERKAS POSTING YANG TERKAIT :
1. SERINGKALI MAKSUD HATI MAU DOWNGRADE PS3 OFW 3.70 EH...YANG DIDAPAT MALAH PS3 JADI BRICK, DISPLAY BLANK HITAM TAPI LAMPU POWER HIJAU MENYALA. KENAPA YA? PART2
2. SERINGKALI MAKSUD HATI MAU DOWNGRADE PS3 OFW 3.70 EH...YANG DIDAPAT MALAH PS3 JADI BRICK, DISPLAY BLANK HITAM TAPI LAMPU POWER HIJAU MENYALA. KENAPA YA? PART1
3. BELAJAR HEX EDITOR BELAJAR MENGENAI MEMPERBAIKI CORRUPT SYSTEM PADA PS3/PSP/PSPGO DAN PSVITA
4. GAYA REHOT EKSTREM ATAU GILSKY SERVICE PS3 YLOD RUPANYA BANYAK DIANUT OLEH PARA MASTER MONTIR PS DI INDO.
5. MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG PART BGA PADA PS3



Tutorial service semua playstation PS3 ylod, PSP Brick, PS2HDD
Dibuat oleh : MERPATI - PS rudie777 Yuanita Budiman
[0361] 2735745 - 081558001488
Email : rudie777@ymail.com
Jl Merpati 36 Monang-Maning DPS - BALI.

0 comments "CARA PASANG IC RSX PADA PCB PS3 SECARA MANUAL MENGGUNAKAN HOTAIR TANPA CETAKAN DAN TANPA BGA REWORK MUNGKINKAH ?", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment