APAKAH SAMA CARA EXSTREEM MEMASANG IC KACA PADA PS2 DENGAN MEMASANG IC RSX PADA PS3?

Ditulis oleh: -
Pertanyaan tersebut pasti mengusik hati dan pikiran kita semua, Terutama bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan Frame Kits dalam bekerja melakukan proses reballing, Dengan mesin BGA Rework station, Pada saat ini, Cara kerja, Yang lebih mudah, Simple, Adalah cara, Yang selalu, Ingin ditempuh, Oleh banyak kalangan, Baik kalangan, Profesional maupun NEWBIE, Karena Tidak membuat pegal di pinggang, Tangan, Serta mata, Dan tidak membuat Cape di badan, Serta waktu yang ditempuh tidak selama, seperti melakukan Proses reballing secara Exstreem manual. karena dengan Cara manual, Kita harus memasang, Satu persatu, Butiran timah solder ball, Yang jumlahnya ratusan. satu persatu, Ditanamkan Kedalam Pinout IC RSXnya. Rasa Frustrasi, Sering menghantui Dan akan menyebabkan anda depresi, Jika pada hasilnya, Sudah lama anda mengerjakan, Hasil yang didapat, Hanyalah tetap NOL, Tetap saja YLOD, Atau tetap saja Kipas PS3nya bertiup kencang, Padahal PS3 belum lama anda hidupkan, baru dimainkan dalam beberapa menit saja, kipas cooling fan PS3nya berputar sangat keras sekali, Tidak seperti biasannya, Biarpun kipas berputar tapi tetap suaranya senyap.

Suara kipas terdengar lebih keras, Karena putaranya, bertambah kencang pada RPM dengan kecepatan yang tinggi, Hal ini terpaksa dilakukan, Karena sensor yang terdapat pada mesin, mendeteksi adanya Peninggkatan suhu, Yang exstreem, Panas berlebihan, Pada IC RSX, Selain itu tanda seperti ini, diberikan bisa saja terjadi, Karena anda memberikan Thermal pasta yang kurang baik. Gunakan selalu, dan sebaiknya anda gunakan, Thermal pasta yang bermutu cukup baik, Seperti "TX2", jika Thermal pasta, Yang anda gunakan, kualitasnya kurang baik, Maka hanya dalam beberapa menit saja, IC RSX sudah akan mengalami gejala Overheating. Jadi sebaiknya thermal pasta, yang Anda berikan harus kualitasnya cukup baik, Saya lebih rekomendasikan anda menggunakan TX2.

Pemasangan yang tidak pas, Ada salah satu, Pinout solder ball yang tersambung antara PCB dengan IC RSX kurang baik dalam penyambunganya, Retak, Bahkan sama sekali tidak nyambung, [Tidak Nempel], Hal ini bisa membuat IC RSX Overheating, Hingga memicu sensor kipas bergerak dan berputar melebihi seharusnya, sehingga anda akan mendengar, Kipas PS3 berputar dengan suara keras. Gaduh dan mengganggu.

Faktor lainnya, Memang karakter IC yang sudah tidak stabil mau mati, Biasanya ditandai dengan suhu yang tidak normal, Tidak mampu mereduksi, Data binner Kerja yang seharusnya. Sehingga meningkatkan temperatur yang ada. Lihat pada kasus IC LA atau IC BA, Yang Rusak, Biasanya selalu ditandai dengan suhu yang sangat panas, Dengan Tanda terlihat PCB yang gosong disekitar IC berada, Perhatikan apakah PCB PS3nya Gosong? Terutama di area IC RSX? Biasanya kalo sudah begini, IC RSXnya sudah tewas duluan. Percuma anda lakukan Reballing.

Cara exstreem peasangan Manual pada IC kaca PS2 dan pemasangan IC RSX PS3 sama, Yang beda adalah Jumlah butir solder ball yang akan ditanam saja, PS3 jumlahnya Ratusan butir. Sementara IC kaca cuman belasan Butir.

Yang jago dalam pemasangan Exstreem Gila, begini, kalo di daerah jawa, setahu saya, Bapak Suhada, alamat lengkapnya, ntar saya cari tahu lupa, saya.. Orangnya banyak guyon, Enak kok diajak ngobrol.

1. Biasanya PCB yang sudah seringkali di rehot akan mudah putus jalur.



Cara Exstreem punya kelebihan, Anda mampu untuk menjumper langsung pada jalur yang putus, Dan langsung menyambungnya, dengan menggunakan kawat jumper, yang bisa anda ambil dari kabel motor spindel, Yang bisa anda kupas dan lakukan tunning dengan timah yang ada, setelah di tunning, Anda tinggal sambungkan ke PCB dengan menimpahkannya pada jalur sisa. panasi pake solder, sehingga tunning timah tadi yang anda oleskan menepel menyatukan antar jalur lama dan jalur baru, Setelah selesai tinggal anda berikan Butir timah solder ball 0.6, pada posisi pinoutnya.

2. Setelah Dijumper, Usahakan gunakan Pasta FLUX, atau LOFFET, yang sangat tipis aja. Kemudian anda Taburi timah butir 0.6 Diatas permukaan PCBnya. Aturlah posisinya menempati pinout yang seharusnya. setelah dirasa, Pas menempati posisinya. Panasi dengan menggunakan hotair, Sampai butir timah merekat erat pada pinoutnya. Cucilah bersih dengan menggunakan thinner atau bensin. Jangan sampai ada unsur oksida yang ditinggalkan oleh loffet maupun Flux. Sampai terlihat Mengkilat.



3. Setelah Itu anda berikan Loffet pada permukaan IC RSX, Dan tempel kan pada PCBnya, Tepat pada lokasi, yang seharusnya. dia berada, Perhatikan pinNo 1, dimana letaknya, posisikan pas dengan sudut-sudut yang seharusnya. Panaskan pada suhu IC maksimal 200'c saja.

silahkan mencobanya...

Bahasan yang terkait dengan artikel ini :
1. REBALLING PS3 YLOD MANUAL
2. REHOT PS3 YLOD
3. DOWNGRADE PS3 NOR PART2
4. DOWNGRADE PS3 TEENSY ++
5. INSTALL KMEAW SLIM/PHAT






Tutorial service semua playstationPS3 ylod, PSP Brick, PS2HDD
Dibuat oleh : MERPATI - PS
rudie777Yuanita Budiman
[0361] 2735745 - 081558001488
Email : rudie777@ymail.com
Jl Merpati 36 Monang-Maning DPS - BALI.

0 comments "APAKAH SAMA CARA EXSTREEM MEMASANG IC KACA PADA PS2 DENGAN MEMASANG IC RSX PADA PS3?", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment