BAGAIMANA MEMAHAMI FLASH PADA PSP DAN PS3

Ditulis oleh: -


Tutorial ini Dikhususkan bagi newbie, [Orang yang belum mengerti apa itu artinya NAND]. Dalam Tutorial inipun nanti akan membahas cara melakukan "DUMPING" dan "RESTORE", Kebanyakan rusak Software PS3 dan PSP adalah karena bagian NANDnya terganggu, Atau berubah. Hal ini bisa disengaja atau karena tidak sengaja.

Eyang disini membuat tutorial bukan untuk memperlihatkan Eyang adalah orang pinter, Justru Eyang akan memperlihatkan, dan memaparkan Kebodohan yang eyang miliki, Jadi Eyang harapkan, Nanda semua memberitahu letak kesalahan Eyang dimana, Biar nanti kita semua, dapat belajar dan mempelajari, mana yang benar. Dan mana yang salah, Karena bidang ini Eksak, [ilmu pasti] Pastilah, Alasan yang dikemukakan oleh kita semua, nanti haruslah yang Logis, dan Rasional. Bukan gagasan yang emosional. tapi tidak mengandung solusi dan pelajaran...

Ketika Nanda berhadapan dengan NAND, ada beberapa hal yang perlu Nanda ketahui. Biasanya NAND memiliki Karakter bagian seperti dibawah ini

01. Definisi
02. Teknis Breakdown
--- A. IPL
--- B. IDStorage
--- C. lflash
03. Dumping NAND yang
04. Mengembalikan NAND yang
05. Dos dan Larangan
06. Downloads

01. NAND Dump, Apakah Itu?
Nand Dump, Adalah Proses mengambil Nand Dari IC RAM PSP atau PS3, Nand Ini Menyimpan, Semua Data PSP ataupun PS3, Dari mulai proses Start UP menu XMB system, Yang berisi : IPL, IDStorage dan IFlash. Sebuah Nand Dumper Jika berisi Nand yang benar, Maka Nanda, akan mampu memulihkan Proses Corrupt ataupun Brick yang terjadi pada PSP, Ataupun pada PS3. Dengan baik dan benar. mereka akan benar benar pulih keadaanya Jika direstore, Nand Yang benar, Nand yang sesuai, Atau Nand yang sesuai standarnya. Jadi jika terjadi Bricked, RSOD ataupun BSOD, Nanda harus sadari, Berarti, Ini masalah Nand yang terganggu. Bukan nanti Nanda Aduk aduk hardware, dipanas-panasin, di Grill ama hotair atau blower.

02. Teknis Breakdown, Apaan tuh?
Suatu teknik yang dirancang, untuk mengisi nand yang sudah ada, mengeditnya, menganalisanya, sehingga sesuatu yang corrupt bisa diperbaiki, Hali ini meliputi : IPL, IDStorage dan IFlash.

03. Apakah yang dimaksud dengan IPL?
IPL adalah "Initial Program Loader". Ketika PSP atau PS3 dijalankan Pada proses, Pra-IPL, Maka akan terlihat muncul Kode Tulisan, serial 0xFFFFFFFF [Pada tahapan ini, IPL diambil dari memory, Diluar RAM, Atau diluar NAND], Jadi Jika pada PSP, Ketika Nanda memasukan MC, Dan Nanda hidupkan PSPnya, Maka akan Tampil keluar akses Kode seperti ini "0xFFFFFFFF" Itu berarti beban IPL diambil dari memory stick. bukan dari NAND PSPnya. Ini adalah Langkah awal, Yang bisa nanda lakukan, Untuk, Mendecrypted IPL, IDStorage dan IFlash. misalkan dengan memasukan MCMagic pada proses reflash menggunakan Pandora baterai. Ingat hal ini ada hubungannya Erat dengan Proses Upgrade dan Downgrade menggunakan MCMagic dan baterai Pandora. Hal ini erat kaitannya dengan proses IFLASH Firmware.

04. Pada PSP terdapat 5Jenis IPL.

1.50 (1.00-1.52)
IPL dengan firmware ini, akan bekerja pada setiap PSP Klassic/ PSP model Lama, dari mulai seri 1,0-2,60, IPL pada firmware ini Tidak perlu meodifikasi IPLnya, Jika Anda memodifikasi IDStorage dan mengubah Posisi IPL pada Key Configuration baris 5 atau sering disebut, "kunci 5", Maka Nanda akan dapat memuatnya pada IPL seri, 1,50-3,52. Jelas hal ini hanya untuk type Hanya PSPklasik dengan no seri mobo TA-082 + motherboard Jadi jika ada masalah yang terjadi, Ingat yang nanda edit dan perhatikan adalah pada IPL "kunci 5".

Firmwares kustom yang lebih tua (2.71 SE untuk 3,52 M33) semua menggunakan IPL 1,50 untuk bootstrap firmware 2.xx/3.xx keatas, barulah menggunakan semacam patch IPL.
Tapi tentu hal ini tidak berlaku untuk CFW 3,71 M33, karena IPL 1,50 telah dihapus untuk menjaga fungsionalitas pada PSP Slim. Namun, Jadi Nanda sekarang harus memakai kernel 1,50 add-on, untuk dapat melakukan Flashing pada CFW jenis ini.



1,50 "Simple IPL"
Ini adalah Suatu program Sisipan atau tempelan pada IPL yang dibuat oleh "Dark_Alex" Dengan IPL jenis ini, Dark alex, Berhasil menghilangkan cek key IdStorage 5 dari 1,50 IPL, yang memungkinkan CFW mampu melakukan BOOTING system pada PSP Klasik, Tapi IPL Pada jenis ini belum bisa digunakan pada PSP Slim.

1,50 Multi-Boot
Seseorang dengan nama Palsu "Booster" berhasil membuat IPL dengan system multi-boot yang dapat memungkinkan Nanda menggunakan System Pandora untuk Ngebooting PSPnya, Menggunakan Nand yang sudah dibuat pada kartu MCpronya. Sehingga IPL bisa dibooting langsung. dan dicopykan langsung pada Nand PSP, Program ini mampu digunakan pada PSPfat dan Slim.

3.xx M33 custom IPL
Ini adalah IPL yang Dibuat sepenuhnya oleh "Dark_AleX" dengan Team worknya yang dikenal "M33". Ini digunakan untuk fitur add-on bagi Pandora Magic, Program IPL ini memungkinkan untuk berjalan Pada PSP Slim karena IPL 1,50 tidak bekerja pada PSP Slim. IPL ini juga digunakan di M33 3.XX, dan DCv3 / DCv4.

3.xx
Enkripsi dari lflash berubah selama Firmwares 3.xx muncul. Pada gilirannya "Dark_AleX" dengan Team worknya juga mengubah IPL yang terjadi pada firmware diatasnya. Alasan utama untuk melakukan ini adalah pertama karena PSP Slim diciptakan sony untuk menghentikan Homebrew hacking yang dibuat.


05. IDStorage
Ada beberapa hal yang Eyang ketahui dan penting nanda ketahui.

JIKA NANDA MENGGUNAKAN IDSTORAGE DARI PSP YANG BERBEDA DENGAN PSP YANG NANDA PEGANG, MAKA AKAN ADA KEJADIAN TERJADI, BEBERAPA PERBEDAAN, YANG PADA AKHIRNYA, NANDA HARUS MENGEDITNYA SENDIRI, MENYAMAKAN DAN MENCARI SEHARUSNYA SEPERTI APA. IDSTORAGE YANG NANDA PEGANG, JADI SARAN EYANG, KETIKA MASIH SEHAT PSPNYA SEBAIKNYA NANDA BACKUP SEMUANYA. IPL, IDSTORAGE DAN IFLASH.

Hal ini bisa saja nanda backup, Tapi menurut Eyang hal ini kurang penting.

Ad-hoc
UMD dan UMD Video
Homebrew
MagicGate

PERHATIAN : jangan pernah menggunakan IDSTORAGE psp orang lain karena pasti Berbeda. Eklusif sony membuat 1 IDstorage hanya untuk 1 PSP.

Apa Fungsi IDStorage ?

IDStorage berfungsi untuk menyimpan beberapa ratus "Key Configuration" [kunci informasi tentang semua PSP yang nannda miliki pada setiap akses tombolnya]. "Key Configuration" ini menyimpan informasi seperti berikut:

Nomor seri PSP
UMD drive serial number
WLAN MAC address
Beberapa kunci dekripsi PSP
Region Video
Segala Informasi yang berkaitan dengan WLAN
Sebuah Key yang unik, berkaitan dengan Firmware yang dipakai.
Pengaturan daya kapasitas Baterai
Pengaturan daya LCD

Jadi paparan diatas Nanda bisa lihat, ada beberapa hal, Pada IDStorage, Yang Nanda Tahu bersifat khusus atau specifik untuk PSPnya. Jadi Jika terjadi hal-hal yang mengubah beberapa informasinya, Maka PSP atau PS3 yang nanda miliki, akan menjadi BRICK permanen.

Cara untuk memBack-up IDStorage PSP nanda Seharusnya tidaklah sulit. banyak cara-cara sederhana untuk melakukannya. Yang pertama sekali adalah dengan menggunakan program "Key Cleaner Chilly Willy" program ini akan membetulkan "Key" yang PSP Nanda miliki, kemudian menyimpanya, Disimpan tentu dalam format file". bin", Kemudian Key ini dapat dikembalikan dengan menggunakan "Chilly Willy's IDStorage Manager". Ini adalah metode program yang disukai, untuk membuat kunci cadangan pada psp nanda, Jika Nanda tidak memiliki Pandora dan MCMagic. Bisa juga dengan menggunakan Cara berikutnya, Yaitu dengan menggunakan "cory149's Des Cem M8" ini adalah program NAND Dumper yang juga memiliki kemampuan untuk membuat backup Kunci psp nanda. Jadi sekarang terserah Pilih program yang mana, Untuk menggunakannya. Tapi eyang lebih recomended, Nanda membuat proses NAND DUMPER, Menggunakan Program Despertar Cementerio, Program ini akan otomatis membuat cadangan dari IdStorage PSP nanda. Jadi Eyang rasa lebih simple nanda pake program yang ini. Program ini pasti terdapat pada MCMagic pandora. Lihat saja versinya nanti yang berapa.

Nanda dapat menggunakan program-program yang sama untuk mengembalikan IDStorage nanda yang hilang atau rusak, Eyang pastiin yang terbaik adalah Program Despertar Cementerio, DCv3 atau DCv4 dengan menu ELF dari hacker master jas0nuk.

Berikut adalah cara menggunakannya:

KeyCleaner akan membuat cadangan dari Keys IDStorage nanda. Tidak peduli apa firmware yang nanda pakai pada saat itu, Selama nanda memiliki Program Despertar Cementerio [DC] pada memory stick dengan menu ELF dari Program Despertar Cementerio M8, Maka nanda akan tetap mampu membuatnya PSP UNBRICK.

Nanda dapat menggunakan "Program Despertar Cementerio M8" dengan partisi ulang pada NAND secara keseluruhan, Serta program ini terdapat lengkap KeyCleaner dari Menu ELF Yang berguna untuk mengembalikan IDStorage. yang terganggu atau corrupt, Program Despertar Cementerio juga dapat menyisipkan Proses Upgrade dan Downgrade tipe macam-macam PSP.

06. lFlash

Pada lFlash, terdiri dari lFlash 0, lFlash l, Flash 2, dan lFlash 3. Semua partisi menggunakan format FAT12 pada NAND nya. Masing-masing lFlash dibuat partisi terpisah, dan masing-masing lFlash, bisa rusak sekaligus atau sendiri-sendiri.. Misalnya nanda dapat memiliki flash2 rusak atau flash3 dan tidak pernah tahu, Tiba-tiba dimainin Hank kemudian blank dan akhirnya Brick.

Flash0
Menyimpan file firmware yang sebenarnya. File-file ini akan dienkripsi dan ditandai serta diperiksa. setiap kali PSP melakukan booting,Ini berarti, Fase Bricknya PSP terdapat kebanyakan terjadi Pada IFLASH0. Hati-hati menggunakan File yang bersentuhan dengan Flasho, Kalo filenya rusak, Resiko brick menanti nanda. Misalnya semacam file RCO yang didekompresi dan di enkripsi pada flash0, Pada saat mengubah Theme jenis CTF.

Flash1
Menampung semua pengaturan sistem PSP, Hal-hal seperti wallpaper, Nama pengguna, Kemudian Pengaturan jaringan, Dan Flash player , serta pengaturan pengaturan lainnya. Di sini nanda akan menemukan File semacam "config.se" yang mengatur semua menu "RESTORE". Jika nanda menghapus file ini, maka nanda akan diminta mengatur ulang, pengaturan menu RESTORE. Nanda akan melihat struktur seperti gambar dibawah ini :

flash1 :/ dic/atok10.dic
flash1 :/ gps
flash1 :/ net / http / auth.dat
flash1 :/ net / http / cookie.dat
flash1 :/ registri / system.dreg
flash1 :/ registri / system.ireg
flash1 :/ updater / u.log
flash1 :/ Vsh / tema / custom_theme.dat
flash1 :/ Vsh / tema / wallpaper.bmp

Jika menggunakan Program Despertar Cementerio "DCv3 / 4", Jika psp terkunci di menu XMB, maka nanda harus menggunakan format flash1 sebagai pilihan pada menu Restore. Kemudian lakukan reflashing Semua IFLASH

Flash2
Pada file cert.dat / act.dat untuk DRM pada PlayStation Network. Ini hanya akan muncul setelah nanda terhubung antara psp ke PS3 atau ke PC, Misalkan untuk mendownload Playstation Network. Tahapan Ini juga didukung oleh DCv4 ketika menginstal Firmwares. Bagian terburuk tentang ini adalah kehilangan file cert.dat / act.dat sehingga PSP atau PS3 tidak mampu dihubungkan ke PSN store.

Flash3
Pada bagian ini banyak digunakan untuk menyimpan aplikasi beberapa aplikasi tambahan semacam tv usb1seg "1SEG.PBP". Sebenarnya pada Flash0 pun ada. Pada PSP phat Dark_AleX berspekulasi bahwa Flash3 akan digunakan untuk menyimpan kelebihan beban "download" konten aplikasi seperti "Messenger Go" Skype dan lain lain.

Setiap "flash" memiliki partisi yang berbeda pada NAND. Dibedakannya setiap partisi Eyang duga untuk mencegah, Semua IFLASH rusak. secara sekaligus.

07. NAND Dumping.
Ada terdapat sedikitnya 4 program yang bisa dianggap sempurna melakukan proses NAN Dumping :
-. Menggunakan baterai dan MCmagic pada Pandora,
-. Menggunakan Despertar des Cementerio v3
-. Menggunakan Despertar des Cementerio v4
-. Menggunakan Despertar des Cementerio M8

Suatu hal yang dianggap Wajar dan kurang mengganggu secara signifikan pada penggunaan Operasional PSP adalah jika, terdapat maksimal KEY yang rusak hanya 3buah Bad Blocknya.

08. Mengembalikan atau merestore NAND hasil ngedumping.

Menggunakan Despertar des Cementerio v4 akan mengembalikan dump secara fisik. Ini berarti jika nanda memiliki bad block, yang terdapat, Pada Key Configuration, Maka ketika melakukan Proses Reflashing menggunakan DCv4, Maka Program ini mampu untuk melakukan Perbaikan pada BadBlock yang muncul. Tapi tentu keterbatasan pun ada pada DCv4, Kadang tidak sempurna bisa mengembalikan BadBlock yang ada, maka gunakanlah Program tambahan KeyCleanner dari chiliwilly.

Sementara Program Despertar des Cementerio M8, versi lama Pandora (hanya akan bekerja pada PSP tebal) Tetapi jika blok buruknya terlalu banyak pada NAND, maka pemulihan key cleanner pada program ini akan gagal.

10. PERHATIAN :
Buatlah Selalu backup NAND PSP nanda Pada saat PSPnya Sehat walafiat. Jangan nunggu sudah berpenyakit baru di backup. Gantilah namanya menjadi sesuatu yang mudah nada ingat, Misalkan nama filenya : Doa Eyang ....zip
3r14nd.v1.50.TA-079.Original.zip [Doa Eyang TA-079.zip]
3r14nd.v3.52.M33-4.TA-079.zip [Doa Eyang v3.52.M33-4.TA-079.zip]
3r14nd.v3.71.M33-4.TA-079.zip [Doa Eyang v3.71.M33-4.TA-079.zip]
3r14nd.v3.80.M33-4.TA-079.zip [Doa Eyang v3.80.M33-4.TA-079.zip]

Jangan pernah menggunakan NAND PSP orang lain.
Jangan pernah menggunakan FLASH PSP orang lain.
Jangan pernah menggunakan IDSTORAGE PSP orang lain.
Jangan pernah menggunakan KEY CONFIGURATION PSP orang lain.

Dan Yang paling penting, Belajarlah dari pengalaman Buruk orang lain ketika menggunakan PSP, Janganlah gegabah dengan File yang bersentuhan secara langsung dengan Flash0, Jika nanda Belum tahu persis file yang akan digunakan, Ceklah dengan menggunakan MD5, Untuk memeriksa file yang nanda miliki corrupt apa tidak.

Terakhir, Percayalah sama Eyang, Eyang ngga merasa pinter ngasih tahu nanda ini semua, Tapi Eyang merasa, Kebodohan dan kepintaran hanyalah masalah sikap berbanding waktu yang ada, baik atau buruk eyang hanya ingin ngasih tahu, ayo kita belajar bersama. toh Eyangpun akan merasa dibantu kalo suatu saat nanda kasih eyang "seuatu" yang lebih berarti. Monggo di share, dibagiin sama orang orang yang masih diatas pohon, biar kita semua pinter...

Bahasan yang terkait dengan artikel ini.
1. BAGAIMANA MENDETEKSI ADANYA VIRUS PADA PSP?
2. MAINBOARD KANIBALAN PSP1000/2000/3000 DAN PSPGO
3. FUSE PSPGO
4. LCD PSP KEMASUKAN AIR DISPLAY TERDAPAT BAYANGAN AIR
5. CARA LAIN MENGATASI PSP BRICK



Tutorial service semua playstation PS3 ylod, PSP Brick, PS2HDD
Dibuat oleh : MERPATI - PS
rudie777Yuanita Budiman
[0361] 2735745 - 081558001488
Email : rudie777@ymail.com
Jl Merpati 36 Monang-Maning DPS - BALI.

0 comments "BAGAIMANA MEMAHAMI FLASH PADA PSP DAN PS3", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment