CARA MENGGUNAKAN BGA FRAMEKITS+STENCIL PS3 FULLSET PART 2

Ditulis oleh: -



PROLOOG :

Menyambung Tulisan Eyang yang kemarin, Disini, Incu harus siapkan semua
Peralatan Yang Incu beli dari Eyang Kemarin :

Reballing Jig  [1Pcs]
PS3 stencils Fullset [18 Pcs]
Solder Ball 0.6 mm [1 Botol]
Tooth Stick [I Pcs]
Handle Scrap [1 Pcs]
Aluminium Reflectife Tape [1pcs]



Setelah semuanya Siap, Sebaiknya Incu Tambahkan Beberapa bahan :

Kwas kecil 1cm
Head Cleanner
Loffet.
Sikat Gigi bekas Oral B
Bensin 
Tisue kering

LANGKAH PELAKSANAAN PROSES REBALLING IC RSX.

1]. Pada Tahapan Ini, Sebaiknya Incu Bersihkan Stencil, Dan BGA Reballing,  Bagian tengah,  Dan Atas, Dengan cara menyemprotkan  Cairan "Head Cleanner",  Pada bagian Lubang lubang pinoutnya , Serta Bersihkan Tiap tepian sudut Frame kit Reballing. dengan menyemprotkan Cairan head cleanner secara merata, Jika semua sudah terlumasi, Bersihkan dengan tissue kering dan usahakan Tidak ada cairan Head cleanner yang tersisa



2]. Setelah bersih, Pasangkan kembali Frame kit tersebut, Pas-kan antara lubang Stencil,  Dengan Pinout IC RSX.  Setelah Pas benar, Cobalah Cek kembali semua sekrup Pengunci, Yang ada. Ingatlah, Jangan sampai sekrup di kunci, Tapi stencil jadi bergeser dan tidak tepat lagi, Posisi Pinout IC RSX dengan lubang-lubang stencilnya. Hati-hati dan perlahan. Proses ini menuntut Incu sabar dan tetap Konsentrasi.



3]. Sekarang Incu Cabut lagi Frame tengah dan atas, Yang menjepit Stencil, Berikan Loffet atau BGA Gel Flux, Sedikit saja, Ulaskan dengan kwas keatas permukaan, IC RSX, Usahakan setipis,  Dan sesedikit mungkin, Kenapa, Karena jika dikasih terlalu banyak, pada saat mencair, maka Loffet atau BGA gel Flux ini akan menggeser butiran solder ball, Untuk pindah bergerak, Tidak lagi menempati posisi Fixture semula. dan hasilnya akan berantakan, Tidak berbaris dengan baik.



4]. Sekarang Taruh kembali BGA Frame kit tengah dan atas keatas BGA frame kit bawah, Lihat lagi posisi lubang stencil sama Fixture sudah tepatkah? Jika sudah tepat, Tempatkan BGA Frame kit pada alas meja yang datar, Yang bebas debu. dan bersih. Taburkan Butiran Solder ball 0.6 keatasnya. Rapikan semua butiran tersebut, Penuhi semua lubang stencil dengan butiran timah solder ball. Gunakan TOOTHSTICK.



Oh, Iya Eyang punya TIP's Khusus : Setelah Incu taburkan Butiran timah solderball, Keatas permukaannya. Usahakan, Butiran timah rata menutupi, lubang stencil, Gerakan frame kit ke salah satu sudut saja, Dan rapikan permukaannya menggunakan toothstick kearah satu sudut, Yang incu tetapkan. Buka setiap sudut lubang stencil tiap sudut 2 butir, Perhatikan  apakah ficture sudah pas? kenapa hal ini dilakukan karena, setelah lubang stencil tertutup butiran solderball, maka permukaan fixture tidak akan terlihat, jadi kalo melenceng naruh butirannya, maka tidak akan terkontrol. tepat tidaknya posisi penempatan solder ballnya.                               


Bukalah BGA Frame kit, tengah dan atas secara perlahan, Kontrol barisan butiran solder ballnya, apakah sudah tertata baik? Lurus menempati Fixture?Arah horizontal dan vertikal incu lihat, Jika ada 1 butir saja agak melenceng, Incu bisa rapikan dengan menggunakan Toothstick. Setelah beres, Panggang di mesin BGA Rework Station,... Bisa juga incu panggang saja pake blower.... ingat Eyang lebih recomended Incu menggunakan Blower IR [Infra Red] kalo pake blower biasa hilangkan Anginnya, buat di Nol, Tapi biasanya, terus menerus melakukan cara ini, akan membuat Blower tadi heaternya cepet mati, Dan setahu eyang, Biarpun sudah di nol Anginnya, Masih tetap berhembus... sekali lagi pake aja IR Blower. merk yang eyang recomended...JBC, dan Goot



Jika semua sudah tertata rapi barisannya. segeralah incu panggang Menggunakan BGA Rework Station JOVY. Atur semua setingannya. Ingat sebaiknya dilakukan pada ruang tertutup biar suhu terjaga dan temperatur naik secara stabil.



BAHASAN YANG TERKAIT DENGAN ARTIKEL INI

1]. CARA MENGGUNAKAN BGA FRAMEKITS+STENCIL PS3 FULLSET PART 1
2]. MENGANALISA JALUR PUTUS PADA PCB
3]. FUNGSI THERMALPASTA PS3
4]. PS3 MODIFIKASI COOLING FAN 12V
5]. TUTORIAL UPDATE CFW 3.55 KMEAW



Tutorial service semua playstation : PS3 ylod, PSP Brick, PS2HDD
Dibuat oleh : MERPATI - PS
rudie777-Yuanita Budiman
[0361] 2735745 - 081558001488
Email : rudie777@ymail.com
Jl Merpati 36 Monang-Maning DPS - BALI.


Mencari Artikel yang anda butuhkan, Silahkan Buka bagian ARSIP

1 comments: