BAGAIMANA MENGUKUR FREKWENSI PS2 TANPA OSILOSKOP

Ditulis oleh: -


Blog Khusus dari Eyang untuk Incu,
Bukan Sarana dan tempat untuk, Berdebat,
Berkata kasar, Saling merasa Unggul,
dan Memaki, Tiada tempat untuk mengatakan :
Anda, Situ, Ente, Elu, Gw, Agan Siboss, dan Bro..!!!
Kembalikan Indonesiaku yang Santun dan beretika

PROLOOG :

Pada saat ini, Eyang melihat dan merasakan, Banyak Montir dan Teknisi PS [Playstation], Agak kesulitan Mengukur dan Menilai Masalah Grafik pada PS2, Sering kali yang dipakai, Adalah melihat Gejalanya secara fisik saja,   Yang terlihat dan dapat dirasakan... Misalkan Gambar nya Blank, Laci Pintu /Tray Disc engga bisa keluar masuk, Wah kalo ditebak deh,  Ini masalah di IC BA15nya mati, Dan harus diganti. Ya, Kita lihat memang seperti itu adanya. Kerusakan seperti itu,  Kebanyakan IC Drivernyalah yang rusak. Tapi apakah kerusakan-kerusakan yang lainnya,  Bisa se-specifik kerusakan ic driver? Misalnya apa tandanya,  Kalo rusak IC EE?  Dan IC Kaca? Keduannya Tampilan kerusakannya bisa sama terlihat dan Kita agak susah memilahnya kalo cuman menebak, Bagaimana kalo diukur? Pake Avometer jelas ngga bisa dong, Karena yang keluar pulse Frekwensi, Kalo pake Osiloskop Mahal,...Lantas adakah solusi lainnya? Ada..! Ikuti paparan Eyang seperti dibawah ini. Ayo ikuti terus kita belajar bersama.

SOLUSI :

Incu kini  bisa menggunakan Logic Probe, Logic probe ini bisa mengenali semua Masalah frekwensi. sayang tidak seakurat osiloskop. Tapi menguntungkan pemakainya, Karena alat ini Sangat jauh lebih murah. Jadi selain Incu semua harus punya Avometer, Sebaiknya alat tambahan berikutnya yang layak incu miliki adalah : Logic Probe, Lantas Logic Probekan type dan kemampuannya macam-macam, Lantas logic probe yang mana yang cocok dan sesuai untuk Incu pake service PS2? Syukur syukur kepake juga untuk ps3?

Tentu merk dan typenya sangat luar biasa banyaknya, Tiap Industri Tool Electronik ikut semua berlomba-lomba membuatnya. Terkadang yang mengagetkan, Misalkan Eyang pesan ke Glodok dengan Merk "Goodwill" pada teman Eyang yang jualan PS, Tapi dia bukan orang service, Eyang sudah wanti-wanti beli aja merk Goodwill dengan Type 1A, Tahukah Incu yang datang dan dikirimkan? Ya merk dan tipenya Goodwill 1A, Dengan terpampang dan tertulis R.O.C Taiwan, Tapi setelah dibuka dalemannya, Wuihhh....
Made in China...Cu, Eyang ngga bisa nyalahin siapapun, karena Teman Eyang tentu tidak tahu apa-apa, Tapi yang kurang asem sih Pembajaknya...harga beda dikit padahal sama yang asli.

SEKEDAR REFERENSI SEBAIKNYA DALAM MEMILIH LOGIC PROBE :

Mampu mengukur Squre Wave Frekwensi, Diatas 200Khz.
Bisa dioperasikan Pada mainboard dengan maksimal DC 18VDC
Bisa dioperasikan Pada mainboard dengan minimal DC 4VDC
Memiliki Power Suply Protection maksimal 20VDC
MaksimumInput signal Frequency 50Mhz
Input Impedance 120.k ohm

CARA MENGGUNAKAN LOGIC PROBE DAN LOGIC PULSER

1]. Pasangkan Probe Merah logic probe pada CN401 12V.



2]. Pasangkan Probe hitam dari logic Probe pada Grounding Mainboard PS2.



3]. Pasangkan Power suply PS2 yang sudah dimodif Kabel portnya.



4]. Sekarang pahami cara menggunakannya :

"LOGIC 1" Jika LED High [HI] nyala LED Lower [LO] Tidak nyala.
"LOGIC 0" Jika LED High [HI] tidak nyala LED Lower [LO] nyala
"SQUARE WAVE <200Khz" Jika LED High [HI]nyala LED Lower [LO]nyala
"SQUARE WAVE >200Khz" Jika LED High [HI]nyala LED Lower [LO]nyala
"NARROW HIGH PULSE" Jika LED High [HI]nyala LED Lower [LO]nyala
"NARROW LOW PULSE" Jika LED High [HI]nyala LED Lower [LO]nyala

5]. Sekarang Mari kita lihat Contoh Nyatanya, Kita akan melihat IC Kaca mati atau tidak, Dengan melihat, Tanda yang diberikan oleh Logic Probe, SQUARE WAVE Harus nyala, Jika tidak, Berarti IC Kacanya mati. Dan sebaiknya Incu Ganti.



Tapi jika Lampu Hijau dan Merah menyala terang berkedip-kedip, berarti IC Kaca bagus dan kerusakan bukan pada IC Kaca. Untuk mengetahui TestPoint Pengukuran, Incu hanya bisa melihat pada Datasheet EBOOT PS2, Dengan Judul "SCPH-30000 SERIES SERVICE MANUAL 6TH EDITION" Pada halaman 16. Disana incu bisa mencari TESPoint Mhz dan Khz. Yang sudah ditandai warna merah.

Jika Incu ingin memiliki EBOOK PS2, Silahkan Incu pesan sama Eyang harga 175ribu rupiah, Sudah termasuk dengan ongkos kirim ketempat incu. Jika memerlukan LOGIC PROBE 1.A 50mhz, Silahkan Incu pesan juga harga 835ribu rupiah. Harga segitu semua sudah termasuk Ongkos kirim. Jika Incu mau mempelajarinya ilmu Elektronik, Persiapkan juga peralatan yang mendukungnya.


BAHASAN YANG SESUAI DENGAN ARTIKEL INI
1]. REWORK PADA IC EE PS2, TANPA BGA FRAME KIT. HANYA PAKAI BLOWER
2]. FUNGSI DAN POSISI FUSE PS2
3]. PS2HDD BLANK MERAH
4]. BAGAIMANA MENGUKUR JALUR YANG PUTUS PADA PS2
5]. PS2 BLANK, IC GS KAH YANG RUSAK?


Tutorial service semua playstation : PS3 ylod, PSP Brick, PS2HDD
Dibuat oleh : MERPATI - PS
rudie777-Yuanita Budiman
[0361] 2735745 - 081558001488
Email : rudie777@ymail.com
Jl Merpati 36 Monang-Maning DPS - BALI.


Mencari Artikel yang Incu butuhkan, Silahkan Buka bagian ARSIP

0 comments "BAGAIMANA MENGUKUR FREKWENSI PS2 TANPA OSILOSKOP", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment