APA KELEMAHAN BGA REWORK? DIBANDING BLOWER?

Ditulis oleh: -

Pada Dasarnya menggunakan BGA Rework Station, Memiliki banyak Keuntungan, Keuntungan disini, adalah Fungsi, Dan kemampuannya yang berbeda, baik cara kerjanya Maupun dari proses yang dijalankannya, Tentu jika dibandingkan dengan, Blower biasa, Blower PLCC, Heatgun Dan lain-lainnya, Tapi tahukah Incu, Bahwa disisi baik, Tersebut, Masih terselip, Masih terdapat,  Banyak kekuranganya? Masih ada banyak sisi yang belum sempurna? Tahukah Incu tentang hal ini?



Apa kelemahan BGA Rework Station, JOVY,  Dengan Sistim Non Spotting pada Upper heater, Seperti ini? Misalkan Pada Proses mencabut IC,  Atau sering disebut orang, Proses Desoldering, Maka Selain memanaskan IC Tujuan, Yang akan kita cabut, Kitapun akan tanpa sengaja,   Ikut memanaskan IC-IC lainya, yang barang tentu,  Bukanlah IC yang menjadi Target, Dari tujuan pemanasan semula, Nah, Bisakah Dieliminir, Kekurangan ini? Bisakah dibuat Spotting, Pada Area tujuan? Sehingga IC Tujuan,  Menjadi Area Target pemanasan,  Menjadi Fokus dan Spot? Inilah kekurangan Pertama yang Eyang rasakan, Solusinya, Incu harus, Memasang Selotape alluminium Protective Tape, Untuk menghilangkan Bias dari panas yang dipancarkan Oleh Upper Heater. Bahkan Muncul Produk asesories tambahan, Yaitu IR Reflektor, Khusus untuk "JOVY" BGA Rework Station. IR Reflektor mampu membuat Area pemanasan "Sedikit Fokus" Sedikit faktor bias, Bisa diperkecil, Tapi apakah Maksimal IR Reflektor ini? Ternyata jawabannya : "Tidak Maksimal" Bias masih ada. Dan masih beresiko membuat PCB Gosong. seta PCB PopCorn. Dan mengurangi panas heater.   





Menggunakan Alluminium Protectrive Tapepun, Tidak menjadikannya 100%, Kebal dan menolak panas, Nah, Tapi dengan menggunakan Penggabungan kedua alat tadi, Hasil akurasi dari area Tujuan panas, Mampu untuk lebih ditingkatkan. Dan hasilnya, Eyang ngga pernah Gagal dalam Mencabut dan memasang IC RSX PS3, Bagaimana Jika Mainboard PCB kecil seperti PSP, Kita akan mencabut IC kecilnya, Masihkah bisa menggabungkan ke 2 alat tadi, Tentu tidak, Karena Ukuran IR Reflector, Tidak ada peruntukannya untuk IC yang ada di PSP, Jadi hanya menggunakan 1 bahan saja, Melindungi Bias hanya memakai Alluminium Selotive Protective Tape, Tapi dari cara kerja yang agak ribet ini, Hasil yang didapat, Luar biasa. Tentu jika dibandingkan dengan menggunakan Blower biasa. Nah hal ini bisa dianggap kekurangan Karena terasa Ribet, Tapi kalo melihat Hasil,....Maknyus pool.





Adakah kelemahan Lain, "ADA",  Jika bagi pemula, Yang memakai BGA Rework, Duh.... Lama banget, Kok lama sih.... Kok suhunya ngga nyampe-nyampe ke 200C? Gimana mau nyabut? Gimana bisa berhasil, kalo seperti ini,  Ah masih enak pake blower, Jangan jangan mesinnya rusak? Jangan-jangan,  Ngga bener nih Heaternya? Begitukah? Benarkah? SALAH, 360 derajat, Jawabannya salah, Kenapa? Lihat jawabannya pada EBOOK PS3, Pada judul : [Eyang tidak akan kupas satu persatu jawabannya, Silahkan baca sendiri]







Prinsip kerja dari BLOWER dan BGA Rework Jelas sangat Beda, Fase pemanasannya memakai 4 tingkatan, Fase Preaheat, Fase soaking, Fase Reflow, dan Fase Fast reflow. Hal ini tentu menjadikan Waktu yang diperlukannya, Bertambah, Beda jika hanya memakai 1 Fase saja, Seperti cara kerja blower, Tapi yang jelas dari hasil didapat akan jauh berbeda. Tapi jika dianggap kekurangan, Ya, pake BGA Rework pasti lama. Sedikit TIPS dari Eyang, Gantungkan atau Tempelkan pada dinding Sebuah kertas HVS, Selama melakukan Reflowing, Ada baiknya incu lihat, Ada hembusan angin yang bergerak tidak? Menggerakkan kertas HVS? Jika kertas bergerak-gerak karena ada hembusan angin, Berarti perhatikan, Adakah Profile yang perlu dirubah,  Mengantisipasi panas tak menentu, Misalkan penggunanaan,  Pengaturan Heater bawah, dan atas, Perlu disett ulang, Agar lebih mampu untuk bekerja lebih maksimal, Biarpun pergerakan angin ada, Karena kalo menuntut ruangan kerja serba "PAS", Serba seharusnya, Bukan ngga ingin, Tapi kemampuan dompet dan ruang, disetting ulang, Mampu ngga kita wujudkan,  ya agak sulit, Silahkan jawab sendiri masalahnya, Karena Humidis ruanganpun sangat pengaruh bukan saja masalah angin. 



Lihatlah Gambar diatas, Sebaiknya sebelum, Melakukan Proses Reflowing, Incu harus menempatkan Mainboard dalam Posisi Tegak "0" derajat, Hal ini, Berguna untuk,  Memaksimalkan Proses reflowing atau pemanasan, Bisa  terserap secara maksimal, Pada tiap sudut, Dan posisi IC yang di tuju, Jika terjadi ada kemiringan, Entah ke posisi manapun, Jelas pemanasan akan maksimal, Pada salah satu sudut saja, Sementara yang lain, Tidak akan terpanaskan secara maksimal. Ribet dalam mengatur posisi ini, Ini yang bisa dianggap Kekurangan, Dan nilai minus, Karena dari JOVY nya sendiri, Mana ada disuruh harus, Membuat sudut 0 derajat. Yah bisa sendiri aja deh... belajar sama tukang tembok, Bagaimana membuat dinding tegak lurus, dengan modal murah....Tidak akan Incu temui hal ini,  Pada penggemar Blower, Sikat... habisin, Miring dikit, Tangan tinggal atur posisinya, Lho kalo BGA Rework...Masa tiang penyangga dimiringin ngikutin mainboard? Yah,  Sekedar Joke, Pinter-pinter dikit deh, Karena kita dianggap beli solder, Karena Sama sekali ngga ada Demo, Apalagi pelatihan dan presentasi, Dianggap mudah kali pake BGA Rework, Dianggapnya. Dan bagi yang sudah beli, Apa yang Eyang Omong, Yakin deh, Pasti mereka rasakan, Kok lama, Kok Ribet, kok banyak yang harus diperhatikan.... Ah mending pake Blower, Hahahahaha....silahkan coba. Tapi bagi yang sudah kadung beli, kadung sudah, berkali-kali gagal, Akhirnya jadi bisa, Karena gagal, dan terus mikir, Kenapa gagal, Akhirnya bisa tersenyum, Lebar, Makasih JOVY, Eyang sekarang bisa, Eyang sekarang mahir, Menggunakannnya, Dulu, Rasanya ingin ngebanting, Itu mesin, sudah mahal ngga berguna lagi. Padahal kalo dipikir lagi, Kitanya yang memperlakukan mesin ini tidak sepatutnya, Tidak kita mengerti mempergunakannya kita tidak mengerti, Pahami tulisan dibawah ini, and good luck....!!! EBOOK PS3 buka judul JOVY DISTRIBUTOR TRAINING MANUAL pada halaman 21.



Process  Success factors Reflowing :

1. Type of package, Terbuat dari apa? Plastik, Metal atau silikon?
2. Type of PCB, Struktur dan kondisi PCB? Kerapatan, Bahan, dan ketebalan
3. Thermocouple positioning, Penempatan TC, Benarkah? jangan-jangan TC Oksida?
4. Solder/De-Solder assist materials/add-on(s) Pakai Fluk? Siongka? Atau Tanpa apapun?
5. Upper heater lower heater settings, Bagaimana dengan setingan Profilenya?
6. Understanding the IR wave image and behavior, Bagaimana Faktor kelembaban udara ruang? Bagaimana dengan pergerakan arah angin, Bagamana dengan temperatur suhu ruang?

Jika mengerti Trik-Trik Proses Reflowing, Dijamin Incu,  Ogah menggunakan lagi Blower, Karena banyak alasan, Kenapa, Pake BGA Rework Tentu hasilnya lebih baik, Karena : Biarpun Iya, Ribet, Iya lama, Tapi hasilnya.... ehm, Rasakan sendiri, Deh. Tapi jika Incu baru beli, Pasti rasa Frustrasi menggunakannya, akan ada, Pasti banyak gagal, Karena butuh jam terbang, Jika hanya mendengar, Dan tahu teorinya saja, Itupun sepintas, Dan lebih banyak, Mainnya, Serta Ngarepnya, Ya, Pasti, Akan banyak gagal,  Dan tidak akan pernah belajar dari kegagalan, Itu. Alhasil ah mending dijual lagi biarpun rugi.... Nah, Mode,  Tempe dan Tahu, akan ON,  Kalo sudah begini, Si Blower lagih...si Blower lagih...kapan majunya?



Contoh PCB yang telah dicabut IC RSXnya, Mulus dan terlihat "Tidak ada jalur putus, Tidak terlihat permukaan PCB yang menjadi Gosong, Dan PopCorn, Tidak terlihat, Adanya IC lain,  Misalkan IC TOKIN,  Tutupnya menjadi Leleh, Dan melepuh, Padahal IC RSX dipanaskan sampai suhu 230-235c dengan ketinggian Upper Heater, Hanya Tinggal 2cm, Dari permukaan mainboard, Padahal setahu Eyang, Incu Eyang ini, Baru memegang BGA Rework Station JOVY belum lama, Masih itungan Hari, Sementara Eyang "Dulu" ngga ada pelatihan apalagi presentasi, Langsung "Harus bisa" tanpa tahu apa itu Profile? Tanpa tahu, Bagaimana cara menggunakannya, Cuman satu sisi, Kebanyakan Bagi pemula yang baru, memiliki BGA Rework, Tentu berkeinginan sekali, selalu melaksanakan Langsung proses REWORKING [Cabut, Reball dan Pasang] padahal Perbaikan YLOD PS3, Tahapan sebelum, Melakukan proses Rework dijalankan, Sebaiknya,  jalankan dulu pertama Proses REHOT, baru kalo ngga bisa, lakukan Proses REWORK, Karena Resiko Tingkat kegagalan kerja, dan IC malah menjadi Mati, Justru besar pada Tahapan Reworking, Kenapa? ah jawab sendiri....[Nyabut dipanasin, Ngereball dipanasin, dan Masang dipanasin Jugakan? Nah apakah sebelum mesin dibawa, Ke kita, Mesin belum pernah direhot? Bisa saja malah sudah berkali-kali direhot, Blower, Dulu waktu pertama kali dibuat oleh SONY? berapa kali dipanasin? Nah, Jadi wajar, Eyang sangat menyarankan Rehot dulu, ICnya, Kalo sudah mentok, sementara jika diukur masih layak Rework, Baru dirework. Nah disini, Dan pada peristiwa ini, Jam terbang seseorang diuji, Bukan Teorinya saja yang harus, Ingat,  luar, dan dalam kepala, Tangan dan mata, Kita harus teliti, Melihat gejala-gejala bakal Gosong dan Popcorn, Sudah tepatkah naro TC disini? Profile mana sebaiknya yang digunakan, Untuk mainboard PS3 jenis ini? Ingatlah selalu tahapan kerja yang seharusnya di lakukan. 



Bagi yang sudah memiliki BGA Rework Station, Dan masih mengatakan sering gagal, Pahami dan bacalah EBOOK PS3, Pada judul-judul yang disebutkan diatas, Bagi yang belum punya,  Silahkan beli, Soalnya Eyang pastikan, Tidak akan ada buku buku tersebut tersedia di Gramedia, Dan Toko-toko buku lainnya, Pasti yang ada "sianak singkong",  Buku ini Special Eyang "dikasih",  Dari Suplier dealer JOVY, Ketika tahu,  Eyang frustrasi, Dalam menggunakan JOVY, Dia tahu Eyang ngambek berat, Karena banyak gagalnya, Dan memang dia tahu, Bahwa Eyang sungguh-sungguh,  Mau belajar, Maka diberikanlah, Panduan untuk dirinya tersebut, Dibagikan ke Eyang juga, Perkembangan berikutnya, Karena Eyang sadari mau belajar dengan sunguh-sungguh, Dan masih mau, Untuk mengatakan,  Eyang masih OON, Jadilah Eyang,  Bisa dan mampu, Untuk mengerti, Tentang Proses Reflowing, Kalo mengedepankan perasaan Sok Pinter,  Dan Gengsi, Mana mau Eyang belajar, Mana mau juga,  Ada yang support, Karena hanya orang-orang OONlah yang nantinya bakal Jadi Pinter, Itupun kalo mau belajar, Ingat kepintaran, Tidaklah datang dengan sendirinya, Tetapi harus kita upayakan, Karena pinter,  Ngga datang sendiri, Kayak Orang buta, Langsung bisa melihat, Semua itu perlu diperjuangkan, Nah kalo sudah pinter,  Ngapain belajar lagi? Emang Ilmu ada batasnya? Emang Ngerti ? hanya titik sampai disini segede Baskom? Tidak,  Orang yang merasa pinter, Biasanya malah yang OON sesungguhnya. Jadi kalo masih merasa OON, Silahkan baca terus Web ini, Tapi kalo sudah Pinter... jangan lagi dibuka, Dibacapun jangan, lagi, Apalagi mau beli EBOOK, Jangan N Jangan, Nanti Sok Pinternya, Hilang, Dan kalau masih  merasa OON baguslah, Nanti malah mau rendah hati untuk belajar, Nanti malah mau Beli Ebook. Karena sumber apapun yang Eyang Postingan, Semua datanya diambil dari EBOOK yang Eyang jual. Jadi janganlah bangga disebut Orang Pinter, Karena ya itu tadi, kalo sudah merasa pinter, Berarti ilmunya sudah mentok sampai disitu. Apalagi kemajuannya. Stuck and the end.


Update EBOOK Untuk hari ini adalah :
...........................................................

Tutorial Gambar
CARA BUKA
OPTIK PS3

Jika ingin mampu memelihara umur Optik PS3, Sebaiknya Incu lakukan rutin Proses Maintenance, Perawatan dan bersih-bersih, Kotoran serta debu, Yang menempel pada reflektor, Pada lensa dan Pada Gear yang ada, Bila perlu Gear cuci bersihin dan kasih Grease sedikit aja, Pastikan kegiatan ini, Rutinitas yang seharusnya dijadwalkan per Enam bulan sekali, Umur optik akan lebih awet, Jika Incu Rental. Tapi Bagaimana melakukan itu semua jika kita step by stepnya ngga Ngerti, Ngga tahu? dan ngga bisa? Nah Barangkali Update EBOOK untuk hal ini, Bisa Incu, Pahami dengan mudah, Karena tutorial ini berupa gambar... silahkan dicoba.

BAHASAN YANG SESUAI DENGAN ARTIKEL INI ADALAH :
1. HOW TO FIX PS2 DVD PLAYER NOT SET UP
2. DATASHEET SCPH 3900X FREE
3. HOW TO MEASURE OF OPTICAL FROM ICBA
4. MENELUSURI PS2 POWER MAINBOARD
5. BEBERAPA TYPE IC YANG ADA PADA PS2



Bagi yang suka GRATIS...
Silahkan Incu cari DATASHEET
Serta EBOOK PS2, PS3 dan PSP Sendiri.
Silahkan....
Jadi nanti bisa tahu,
Dan bisa belajar untuk menghargai...
Karena HANYA Untuk Mencaripun
Dibutuhkan KEMAUAN, WAKTU dan UPAYA yang Tidak mudah
Dan butuh KONSENTRASI....
Belum dengan segala RESIKOnya
Terkena VIRUS, SPAMMER
Dan lain-lainnya.



Belajarlah memiliki "harga diri"
Belajarlah menikmati hidup, Dari memberi,
Bukan dari menerima
Janganlah merasa Bahagia,
Karena tangan mampu untuk menengadah
Jadikan segala sesuatu,
Bisa bermanfaat untuk orang lain
Bahkan sekalipun "Sampah",
Bisa diolah dan menghasilkan Berkat
Tanpa perlu, Merendahkan Harga diri,
Menjadi seorang pengemis.
Gan, Ane minta linknya dong?
Minta dong, programnya, kan situ punya?
Bagi dong tutorialnya?
Beginilah biasanya gaya "Pengemis" ngomong.
Sudah ngemis belaga pula.
Sederhana jawabannya, "Cari sendiri"
Hehehehe " Persaben" ibu bapak
Mangga macul weh di kebon
Kaditu...




PERTIMBANGKAN :
Berapa LAMA WAKTU yang dibutuhkan?
Berapa LAMA WAKTU Untuk MENDOWNLOAD Ratusan Ebook?
Berapa LAMA WAKTU yang dibutuhkan Untuk MENCARI di Internet?
Berapa harus BAYAR INTERNET?
Berapa banyak WAKTU yang Incu buang untuk melakukan Itu semua?
Bagaimana dengan RESIKO Virus dan lain-lainnya?




Jika Waktu dan "Hemat Uang"

Itu yang Incu mau, Kenapa tidak memilih, Membeli
Yang sudah bisa dibeli? Dan Mudah untuk didapatkan...?
Dan terupdate terus menerus berdasarkan Postingan?
Tidak beresiko dengan adanya Virus dan lain-lain
Cepat, Mudah dan Tuntas.
Silahkan Incu Pesan, EBOOKnya
Eyang jual Tiap EBOOK harganya Rp 175.000
Sudah termasuk ongkos kirim
Kemanapun dan dimanapun Incu berada...
Kelebihan apa yang incu akan dapatkan?

1. EBOOK Yang Incu beli, Akan Eyang UPDATE
Terus menerus Disesuaikan dengan Postingan Yang ada
Dan ditampilkan pada Blog
Misalkan : Eyang tampilkan sebuah Data
Dan ada yang bisa, Incu Download
Baik Program maupun File Datasheetnya
Nah...Program serta File Datasheetnya ini
Yang Akan Eyang Bagi-bagi kan LINKnya Secara GRATIS
Alias FREE melalui EMAIL.
[Tentu hanya melalui Email, Yang teregistrasi saja data pemiliknya]

2. Incu beli EBOOK hanya sekali saja
Tidak berulang-ulang, Misalkan : Incu membeli EBOOK PS2
Maka Update PS2 Akan eyang Berikan GRATIS
Secara terus menerus, Khusus yang Berkaitan dengan PS2.
Selama PS3oon masih berdiri. Eyang akan berikan Gratis alias Free
Melalui EMAIL yang Incu miliki

3. Bagi yang telah membeli EBOOK PS2, PS3 dan PSP
Sekaligus Ketika ada Update EBOOK
Apapun yang berkaitan dengan ketiga Tiganya
Maka Akan Eyang berikan Gratis
Apapun yang Eyang tayangkan Pada Postingan
Baik DATASHEET maupun Programnya Yang terbaru
Yang telah Eyang Dapatkan.
Daftarkan segera EMAIL Incu semua
Dan berikan data alamat yang Valid
Yang sesuai dengan Data
Pada saat Incu memesan untuk membeli EBOOK
Maka Eyang akan berikan semua UPDATER EBOOKnya
Hanya melalui EMAIL yang teregistrasi saja
Sesuai data dan alamat yang jelas....
Pada saat Eyang kirim paket EBOOKnya Ketempat Incu
Silahkan Dipertimbangkan
Jika Ingin Tahu apa aja isi tiap EBOOK
Bahasanya, Silahkan Lihat pada kolom LAPAK
Yang terdapat pada Bagian Kiri Atas Blog Ini....
Tutorial service semua playstation
PS3 ylod, PSP Brick, PS2HDD
Dibuat oleh : MERPATI - PS rudie777-Yuanita Budiman
[0361] 2735745 - 081558001488
Email : rudie777@ymail.com
Jl Merpati 36 Monang-Maning DPS - BALI.
Mencari Artikel yang Incu butuhkan, Silahkan Buka bagian ARSIP




0 comments "APA KELEMAHAN BGA REWORK? DIBANDING BLOWER?", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment