REHOT PS3 YLOD (FOR NEWBIE GUIDE)

Ditulis oleh: -


Pada saat ini kebanyakan pemilik service PS3 belum memiliki alat Rework BGA System, Kebanyakan mereka memiliki hanya Hotairgun, Hot blower dan Heatgun, Sepintas peralatan ini semua sama, Tapi dari beberapa specifikasinya, kalo secara detail dilihat dan diperhatikan baru terasa bedanya. Saya tidak menganjurkan penggunaan alat-alat barusan, Karena ada beberapa alat dan cara yang lebih akurat, Lebih baik dan cocok digunakan untuk IC BGA yang menggunakan timah Solder Ball.(Read:  http://ps3oon.blogspot.com/2011/10/rehot-ps3-ylod-for-newbie-guide.html).



 Seandainya anda tidak memiliki Rework BGA System yang harganya puluhan juta, Bahkan ada yang sampai ratusan juta, Apa yang mesti anda lakukan untuk memperbaiki PS3 karena YLOD?

PERSIAPAN :
1). Infrared Thermometer apapun merknya. dengan range -50c s/d 700c
2). Gunakan heatgun atau Blower yang ada pengatur suhunya.
3). Cairan flux, Siongka (Arpus bening yang dicairkan dengan thinner)
4). StopWatch
5). Bensin
6). Kompresor
7). Papan Meja Kerja
8). selotip anti panas merk "21 Century"



LANGKAH PENGERJAAN :
1). Siapkan Mainboard PS3 bersihkan dari debu dan kotoran.
2). Cucilah dengan Bensin, Bersihkan dan semprot dengan angin dari Kompresor
3). Setelah dipastikan Kering benar Taruh diatas papan meja kerja
PERHATIAN :
Bukalah Baterai dan Elemen-elemen Karet yang menempel pada beberapa IC, Usahakan elemen karet, Tidak menjadi rusak atau sobek pada saat anda mencabutnya. Dan berhati-hatilah dalam proses pencucian dengan bensin karena bahan ini mudah gterbakar.(Read:  http://ps3oon.blogspot.com/2011/10/rehot-ps3-ylod-for-newbie-guide.html).
4). Pahami YLOD disebabkan oleh Overheating, Over heating terjadi karena unsur pendingin yang bekerja Tidak Maksimal, Jadi unsur pendingin seperti FAN, Thermal Pasta, Dan saluran IN/OUT angin Serta pinhole pada mainboard Harus benar-benar bersih.
5). Pada posisi mainboard PS3 dimiringkan sekitar 60derajat, Anda Teteskan beberapa ml cairan siongka, Usahakan masuk kedalam solder ball IC RSX PS3, Dan lakukan pada keempat sudutnya, Sekali lagi usahakan Cairan tersebut Masuk kedalam.



6). Setelah dirasa Cairan tersebut masuk sempurna kedalam IC RSX PS3, Anda panaskan dengan Heatgun dan ingat Suhu pada heatgun Usahakan pada 350celcius, Jangan lebih, Serta angin dititik 2, Panaskan secara melingkar dan lukukan berulang-ulang. (Read:  http://ps3oon.blogspot.com/2011/10/rehot-ps3-ylod-for-newbie-guide.html).



7). Pada saat anda melakukan Rehot, Lihatlah Suhu IC RSX dengan Infrared temperatur control, jangan memegangnya, dan teruslah panasi secara melingkar, Berulang-ulang, Dan perhatikan Stopwatch anda jangan lebih dari 10Menit anda lakukan rehot. (Biarpun proses ini tergantung suhu ruangan yang berbeda-beda usahakanlah Panas IC RSX, Jangan melebih dari 210celcius, karena ketika mencapai 225celcius, Maka dapat dipastikan IC RSX mati). (Read:  http://ps3oon.blogspot.com/2011/10/rehot-ps3-ylod-for-newbie-guide.html).
PERHATIAN :
Cara terbaik mengerjakan kasus YLOD adalah ganti IC RSX-nya, Dan lakukan Rework BGA System, Cara kerja Rehot sebenarnya tidak dianjurkan, Karena hasil kerja kurang permanent, Daya tahan kurang lama, Oleh sebab itu anda bisa lakukan jika memang keadaan kurang bahkan tidak memungkinkan, Hal ini satu-satunya jalan anda lakukan jika : Alat dan Bahan Tidak ada. dan pilihan lain sulit untuk dilakukan. Sekali lago cara ini tidak saya rekomended.



8). Ingat : Jika anda telah lakukan rehot dan masih gagal, Tidak membuat YLOD PS3 sirna, Langkah selanjutnya adalah, Angkat IC RSXnya dan lakukan Reball soldering Ball, dan langkah 1 sampai dengan 7 anda ulangi.(Read:  http://ps3oon.blogspot.com/2011/10/rehot-ps3-ylod-for-newbie-guide.html).

9). Jika langkah Rehot, dan Reballing Solder Ball. Anda sudah lakukan tapi tetap gagal, Langkah terakhir Ganti IC RSXnya, Dan lakukan BGA rework, Menggunakan Rework BGA System. hasil lebih akurat, dan hasil kerja bertahan lama.






Tutorial service semua playstation
PS3 ylod, PSP Brick, PS2HDD
Dibuat oleh : MERPATI - PS
rudie777
Yuanita Budiman
[0361] 2735745 - 081558001488
Email : rudie777@ymail.com
Jl Merpati 36 Monang-Maning DPS - BALI.

0 comments "REHOT PS3 YLOD (FOR NEWBIE GUIDE)", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment