BAGAIMANA MEMAKSIMALKAN KEMAMPUAN TC JOVY RE7500

Ditulis oleh: -




Kenali cara menempatkan posisi mainboard yang tepat pada XY-Table.

Sering mengalami PCB Mainboard PS3Gosong?
Sering mengalami Efek Popcorn pada PCB Mainboard PS3?
Sering mengalami PCB Mainboard PS3 Melengkung?
Sering mengalami Stress pada saat suhu 245c dan IC belum bisa terangkat?
Sering gagal dalam proses Reballing? PCB IC Gosong?
Sering gagal dalam proses Desoldering?Atau Gagal dalam proses pemasangan IC RSX?


Kenali dengan benar setiap bagian mesin....

Untuk Menghindari masalah yang terjadi seperti diatas, Adakah solusinya? Mudahkah? Seringnya mengalami kegagalan dan seringnya mengalami kekecewaan serta frustrasi, Harusnya disikapi dengan pertanyaan, Apa yang salah, Apa yang seharusnya saya lakukan? Adakah Instruksi detil yang bisa saya pergunakan? Pertanyaan sederhana, Tapi tidak menjadikannya, Sederhana,  Untuk menjawabnya, Eyang yakin, Siapapun pada saat membeli mesin BGA Rework Station Tanpa, Demo, Tanpa Presentasi, Tanpa pengajaran, Dan Tanpa arahan sedikitpun, Pasti akan mengalami Frustrasi, Keadaan seperti yang diatas, Terkadang, Mungkin kita akan Marah, Mungkin kita akan kecewa, Dan pada akhirnya, Lebih berminat untuk menjualnya kembali, Biarpun itu rugi, Biarpun sebenarnya "Sayang Juga" Tapi karena tidak ada instruktur, Tidak ada panduan yang jelas. Terpaksa, Mesin itupun akhirmya di iklanin, Ya pasrah judulnya...hehehehe. 



Capailah suhu desoldering 235c, Dengan Upper heater ketinggian 
sampai mendekati hanya 1cm dari pcb. bisakah tanpa gosong?

Ya, Apapun keluhannya satu solusinya, Ternyata kita harus tahu cara menggunakan mesin BGA Rework Station, Tanpa mengetahui cara menggunakannya, Tentu pengalaman Pahit diatas, Pasti akan kita alami, Karena banyaknya kegagalan,  Yang dialami oleh beberapa teknisi pemula, Maka Eyang lihat di Surabaya, Ada kursus, Yang hanya mengajari, Seseorang akan mampu menguasai Reflowing, Dan dijamin, bisa, Tentu baru,  katanya,  Sementara biaya kursusnya? Dashyat.... 30juta... Cu...! Kalo ngga salah,  Hanya seminggu alias 7 hari, Proses belajarnya. Mahal? Murah? Silahkan dipertimbangkan. Silahkan direnungkan dengan pengalaman Incu sendiri, Tapi yang jelas, Saran dari Eyang, Harus dipikirkan berkali-kali, Benarkah "Bisa"?



Perhatikan posisi dudukan mesin, Posisi dudukan PCB/Mainboard, Dan Upper Heater,  Sudahkan 0 derajat horizontal? Sudahkah posisinya tepat? Bagaimana membuat Semua tepat 0 derajat

Fase-fase kecewa,  Karena Gagal, Eyang telah lewati, Fase frustrasi, Dan penuh kemarahan telah Eyang lampaui, Tapi untuk mencapai hal ini, Tidaklah mudah, Banyak orang ngasih masukan, Hanya setengah hati, banyaknya justru memberikan Lubang dalam yang menjerumuskan, Kenapa hal ini bisa terjadi, Ya, Karena Eyang sadari, Ternyata Ilmu Reflowing,  Belum semua orang bisa, Belum semua bisa Pahami, Nyabut pasang dan reball, Ternyata ngga mudah, Dan hasilnya, Luarbisa secara materi. Tentu harga me-Rework jangan samakan dengan harga,  Cuman merehot,  Dengan blower. karena kualitas, Dan cara kerjanya, Lain. Dan mungkin ini sebagian alasan, Kenapa orang yang mampu melakukannya, Tidak mau untuk berbagi,  mengobralnya...



Pada tiap fase pemanasan berapa?  Seharusnya ketinggian Upper heater, Jika, BGA Rework Station, Dijalankan pada system Manual? Pada ketinggian berapa,  Kita akan jalankan, Fase reflow pertama kali?

Seringkali,  Banyak Incu Eyang yang beranggapan, Beli BGA Rework Station, Seperti kita beli,  Sebuah Solder, Atau beli,  Sebuah Blower, Benarkah? Caranya sama? Sehingga tidak perlu, Demo, Presentasi, dan pengenalan Teknik Dasar? Itulah kebodohan Eyang pertama kali,  Membeli mesin BGA Rework Station, Terlalu percaya diri, Terlalu menganggap Enteng, Bahwa mesin ini, Kita menggunakan, Sangatlah lebih mudah, Lebih cepat, Dan tidak perlu pake "Jam Terbang" untuk menggunakannya, Cukup hanya tahu Tombol-tombol Prosesnya saja, Sudah patut dirasa cukup, Begitukah? Sama sekali, Jeblok.... Jauh dari pandangan semula, Proses lama, Dibanding blower, Blower memiliki system Fast reflow, Sementara BGA RS, memiliki pemanasan 4 Fase, Jelas waktu kerja, Lebih lama. Sangat-sangat tidak biasa. Tapi hasil didapat sekarang luarbiasa, Cabut pasang "No Problem" Malah tanpa disangka, Seringkali Eyang merasa beruntung, Merasa sering Gagal, Karena dari kegagalan begitu, Akhirnya kita dapat cari dan TAHU solusinya, Harus bagaimana, Tentu dengan terus berani belajar, Dan rendah hati untuk mau mendengar, Beberapa masukan,  Yang baik, Tak terkecuali, Dari kegagalan itu sendiri.



Nah.... Sebagai Tips, Dari Eyang,  Sesuai Thema diatas, Kita sekarang, Mungkin sering mengalami kegagalan, PCB menjadi Gosong, Menjadikan PCB dengan efek Popcorn, Maka, Diantara penyebab kenapa jadi Gosong. Salah satunya, Adalah "Hantu" ini, Inilah biang penyebabnya ..TC (ThermoCouple)

1. TC mengalami oksidasi kimia, Sehingga tidak tepat membaca suhu permukaan PCB.
2. TC tidak dibersihkan dengan benar, Dan Penempatan Posisi yang salah.
3. TC Tidak ditekuk 3mm pada ujungnya, Yang berguna untuk menambah akurasi baca suhu

Ternyata, TC ini, Bisa membuat PCB gosong, Tentu tidak secara langsung, Kenapa? Karena pada display dan alarm setting point, Akan berbunyi,  Dan mengingatkan suhu sudah tercapai, Berapa, Apabila masukan dari TC, Report nilai suhu, Sudah sesuai,  Dengan apa yang kita sudah setting,  Dan sudah dipatok, Atau sudah ditetapkan, Tatkala report TC, Berbeda hasil atau nilainya, Dengan suhu yang sebenarnya, Maka  pcb  akan menyebabkan Gosong, PCB akan menjadi Gembung, Seperti efek Popcorn, Jadi biarpun terlihat suhu yang tertera,  Masih tergolong suhu, Non Critis. Hati-hati memperlakukan benda ini, Gara-gara dia, Bisa jadi pekerjaan Kita hancur lebur... Sangat baik untuk mengkontrol suhu TC, Dengan memindahkan Posisi TC pada tempat yang berbeda, Ketika mendekati suhu Critis.



Jadi Setiap kali incu selesai bekerja, Setiap kali selesai melakukan proses Reworking, Bersihkan selalu TC yang incu miliki, Usahakan Ujung TC yang menempel pada PCB, benar-benar bersih, dan terhindar dari kontaminasi kimiawi dari cairan Flux, Siongka dan lain-lain, Tips terakhir, Pada kawat TC, Lindungilah kawat ini dari distorsi panas heater, Gunakanlah, Selotife aluminium Protective Tape, Untuk melindunginya, Sehingga proses baca maksimal.



Update EBOOK untuk hari ini adalah :
..........................................................
Jika Incu memiliki Rental PS2, Atau jika Incu, Ingin membuka Usaha Toko, Playstation, Tentu selain menjual Pernak-Pernik PS, Incupun dituntut sebaiknya menyediakan, Jasa penginstalan Game PS2,  Ke Hardisk, Biarpun Tutorial ini sudah lama bertahun-tahun, dibuatkan berbarengan dengan ditemukannya program HDLoader, Tetap Hari ini, Eyang kedapatan telpon sama Email yang menanyakan, Cara atau Tutorial Mengisi Game pada PS2. Karena, ... ada beberapa pertanyaan yang sejenis, Akhirnya Eyang ambil Insiatif, Biar semua tahu dan bisa, maka Eyang akan bagikan tutorialnya, Kepada seluruh Incu Eyang yang telah membeli EBOOK PS2, PS3 dan PSP, Eyang tahu hampir kebanyakan Incu Eyang sudah tahu dan sudah bisa, Tidak apa, Anggaplah, Ini sebagai selingan menajamkan pembelajaran kita semua. Monggo di lihat emailnya masing-masing.



TUTORIAL+PROGRAM
Cara mengistalkan Game PS2
dari PC ke HDD PS2.

BAHASAN YANG SESUAI DENGAN ARTIKEL INI ADALAH :
1. PROSES NAND DUMP .BIN APAKAH ITU?
2. BEBERAPA FUNGSI FUSE PADA PS3
3. REPAIRE PS3 KIPAS "NGEBUT"
4. BAGAIMANA MENGETAHUI PS3 CELL MASIH HIDUP ATAU MATI?
5. MENGANGKAT IC RSX+CELL TANPA PROSES REBALL



Bagi yang suka GRATIS...
Silahkan Incu cari DATASHEET
Serta EBOOK PS2, PS3 dan PSP Sendiri.
Silahkan....
Jadi nanti bisa tahu,
Dan bisa belajar untuk menghargai...
Karena HANYA Untuk Mencaripun
Dibutuhkan KEMAUAN, WAKTU dan UPAYA yang Tidak mudah
Dan butuh KONSENTRASI....
Belum dengan segala RESIKOnya
Terkena VIRUS, SPAMMER
Dan lain-lainnya.



Belajarlah memiliki "harga diri"
Belajarlah menikmati hidup, Dari memberi,
Bukan dari menerima
Janganlah merasa Bahagia,
Karena tangan mampu untuk menengadah
Jadikan segala sesuatu,
Bisa bermanfaat untuk orang lain
Bahkan sekalipun "Sampah",
Bisa diolah dan menghasilkan Berkat
Tanpa perlu, Merendahkan Harga diri,
Menjadi seorang pengemis.
Gan, Ane minta linknya dong?
Minta dong, programnya, kan situ punya?
Bagi dong tutorialnya?
Beginilah biasanya gaya "Pengemis" ngomong.
Sudah ngemis belaga pula.
Sederhana jawabannya, "Cari sendiri"
Hehehehe " Persaben" ibu bapak
Mangga macul weh di kebon
Kaditu...




PERTIMBANGKAN :
Berapa LAMA WAKTU yang dibutuhkan?
Berapa LAMA WAKTU Untuk MENDOWNLOAD Ratusan Ebook?
Berapa LAMA WAKTU yang dibutuhkan Untuk MENCARI di Internet?
Berapa harus BAYAR INTERNET?
Berapa banyak WAKTU yang Incu buang untuk melakukan Itu semua?
Bagaimana dengan RESIKO Virus dan lain-lainnya?




Jika Waktu dan "Hemat Uang"

Itu yang Incu mau, Kenapa tidak memilih, Membeli
Yang sudah bisa dibeli? Dan Mudah untuk didapatkan...?
Dan terupdate terus menerus berdasarkan Postingan?
Tidak beresiko dengan adanya Virus dan lain-lain
Cepat, Mudah dan Tuntas.
Silahkan Incu Pesan, EBOOKnya
Eyang jual Tiap EBOOK harganya Rp 175.000
Sudah termasuk ongkos kirim
Kemanapun dan dimanapun Incu berada...
Kelebihan apa yang incu akan dapatkan?

1. EBOOK Yang Incu beli, Akan Eyang UPDATE
Terus menerus Disesuaikan dengan Postingan Yang ada
Dan ditampilkan pada Blog
Misalkan : Eyang tampilkan sebuah Data
Dan ada yang bisa, Incu Download
Baik Program maupun File Datasheetnya
Nah...Program serta File Datasheetnya ini
Yang Akan Eyang Bagi-bagi kan LINKnya Secara GRATIS
Alias FREE melalui EMAIL.
[Tentu hanya melalui Email, Yang teregistrasi saja data pemiliknya]

2. Incu beli EBOOK hanya sekali saja
Tidak berulang-ulang, Misalkan : Incu membeli EBOOK PS2
Maka Update PS2 Akan eyang Berikan GRATIS
Secara terus menerus, Khusus yang Berkaitan dengan PS2.
Selama PS3oon masih berdiri. Eyang akan berikan Gratis alias Free
Melalui EMAIL yang Incu miliki

3. Bagi yang telah membeli EBOOK PS2, PS3 dan PSP
Sekaligus Ketika ada Update EBOOK
Apapun yang berkaitan dengan ketiga Tiganya
Maka Akan Eyang berikan Gratis
Apapun yang Eyang tayangkan Pada Postingan
Baik DATASHEET maupun Programnya Yang terbaru
Yang telah Eyang Dapatkan.

Daftarkan segera EMAIL Incu semua
Dan berikan data alamat yang Valid
Yang sesuai dengan Data
Pada saat Incu memesan untuk membeli EBOOK
Maka Eyang akan berikan semua UPDATER EBOOKnya
Hanya melalui EMAIL yang teregistrasi saja
Sesuai data dan alamat yang jelas....
Pada saat Eyang kirim paket EBOOKnya Ketempat Incu
Silahkan Dipertimbangkan
Jika Ingin Tahu apa aja isi tiap EBOOK
Bahasanya, Silahkan Lihat pada kolom LAPAK
Yang terdapat pada Bagian Kiri Atas Blog Ini....

Tutorial service semua playstation
PS3 ylod, PSP Brick, PS2HDD
Dibuat oleh : MERPATI - PS rudie777-Yuanita Budiman
[0361] 2735745 - 081558001488
Email : rudie777@ymail.com
Jl Merpati 36 Monang-Maning DPS - BALI.
Mencari Artikel yang Incu butuhkan, Silahkan Buka bagian ARSIP




0 comments "BAGAIMANA MEMAKSIMALKAN KEMAMPUAN TC JOVY RE7500", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment