Mencegah terjadinya YLOD pada PS3

Ditulis oleh: -


Bagaimana mencegah terjadinya YLOD pada PS3?, Dan apa penyebabnya?, Jika anda sering membuka mesin PS3,  Dan membongkarnya sampai total, Anda akan melihat bahwa : Permukaan IC RSX Sony, Seringkali sisa  thermal pasta pada permukaannya,  Terlihat bersisik dan tidak merata. Malahan ada bagian  Sama sekali tidak ada pastanya.  (Parah abis....nih)

Jika anda buka mesin yang sudah mencapai 1 atau 2 tahun, Dalam masa pemakaiannya, Maka akan terlihat, Ketika anda buka,  SONY tidak memberikan Thermal pasta secara merata menutupi permukaan IC RSX, dan hal ini Seringkali mengakibatkan  terjadinya Over Heating, Selain itu, Dalam beberapa kasus, Karena anda tidak terbiasa membongkar mesin dan membersihkannya dari debu, Maka debu tersebut  seringkali terserap dan menutupi rongga pendingin, mengakibatkan Colling Fan bekerja tidak maksimal. untuk mendinginkan IC RSX. inilah penyebab diantaranya kasus YLOD selain Solder ball IC RSX yang retak dan dioksida.





KESIMPULAN :
Penyebab YLOD adalah Terjadinya Over heating pada IC RSX. Pemakaian Pasta Thermal yang kurang maksimal, Tertutupnya sirkulasi udara karena debu, Dan terdapatnya Solder ball yang retak dan bersipat Dioksida.

MENCEGAH TERJADINYA YLOD

1). Berikan Thermal Pasta secara Optimal.
Dalam hal ini diperlukan Keberanian anda untuk membuka mesin dan memilahnya antara cassing dan mainboard, Kuncinya "Selalu berhati-hati dan jangan tergesa gesa" Apalagi pada saat melepas mainboard dari rekatan sisa thermal pasta yang merekat pada casing besinya. Dalam hal ini yang terbaik bukan mainboard diangkat keatas, Melainkan diungkit pakai Cutter atau penggaris. Sisi resiko yang terjadi jika anda tidak berhati-hati, Mengungkitnya adalah YLOD. karena retaknya solder ball RSX.



TAHAPAN : memberikan thermal pasta yang baik dan benar.
1). Siapkan Isoprophilprophanol untuk membersihkan sisa Thermal pasta yang ada.
2). Gunakan Lap bersih dan tissue kering untuk membersihkannya.
3). Gunakan Thermal pasta yang baik [Tuniq TX-2 over Arctic Silver 5]
4). Pada saat anda menjepit IC RSX dengan Cassing berikan tambahan plat, agar jepitannya maksimal







2). Bersihkan semua Debu dan Kotoran elektrostatik.
Sama seperti yang pertama, Dibutuhkan keberanian dan ketelitian, Hanya ini lebih mudah dan sedikit resikonya, Karena tidak perlu anda membuka mainboard yang menempel pada cassing besinya. ukup anda buka kap cassing atas ps3, Cabut BDroomnya dan Bagian power. Bersihkan semua dari debunya. terutama rongga rongga udara yang ada.

3). Membetulkan solder ball yang retak dan dioksida pada IC RSX.
Secara teknik, hal ini sangat sulit untuk dilakukan oleh seorang Newbie, Saya tidak menyarankan bagi anda untuk melakukannya, Tapi jika anda berpikir bahwa mesinnya sudah YLOD (sudah rusak) dan didaerah anda jauh dari service yang mumpuni, Kenapa anda tidak berani mencobanya, Toh sudah rusak ini?... Oke tutup ceritanya, Lakukan rehot : caranya ambil siongka cairan, dan hotair/heatgun. Berikan pada tiap sisi ic rsx, Usahakan siongkannya masuk meresap kedalam. setelah dirasa cukup, Panasilah oleh heatgun atau hotair dengan suhu diantara 350 - 450 derajat celcius, selama 5 atau 10 menit. (Cara ini beresiko membunuh IC RSX, Secara Pribadi saya sangat tidak menyarankan) pertimbangkan kembali resikonya. tapi dari beberapa kasus ini bisa berhasil, Tapi sayangnya tidak lama akan terjadi YLOD lagi. (Biasanya dilakukan oleh tukang service PS yang tidak memiliki  BGA rework system)
PERHATIAN :
Jika anda service PS3 dan mendatangi Service PS yang masih menggunakan Hotair/Heatgun, Pertimbangkan lagi sisi resikonya, Karena bisa membunuh secara permanen IC RSX dan membuat PCB melengkung serta putus jalur kaki solder ball IC RSX. Lihat dan tanyakan alat apa yang akan mereka pergunakan.




Kedua jenis alat ini sering dipakai oleh para montir service PS, Biarpun bentuknya ada berbagai macam, Sayang jika dipakai untuk PS3, Kedua alat ini cenderung merusak komponen, Karena panas yang dihasilkannya bukan panas seperti infra red, Yang melumerkan Timah, Tapi tidak membunuh Ic itu sendiri, untuk mencopot ataupun mengganti komponen dari bahan plastik, Seperti Klem/Soket atau Jepitan kabel (SPkt) Tidak mampu untuk dilakukan. 


BGA system rework, Alat yang cukup sederhana ini dibanding yang lainnya, Tapi cukup powerfull untuk melakukan desoldering dan reworking. Buatan china ini di banderol harga sekitar 15juta. Masih bisa dianggap termurah dibanding dengan yang lainnya.


thanks.................!!!!



Dibuat oleh : MERPATI - PS
rudie777
Yuanita Budiman
[0361] 2735745 - 081558001488 Email : rudie777@ymail.com
Jl Merpati 36 Monang-Maning DPS - BALI.

0 comments "Mencegah terjadinya YLOD pada PS3", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment